Pencarian populer

Support System Kuat untuk Perempuan Hebat

Lebih dari satu abad sejak era Kartini, perempuan Indonesia sudah mengalami banyak kemajuan. Indonesia menjadi salah satu negara yang mempunyai peningkatan terbaik dalam hal jumlah perempuan yang menduduki posisi senior di perusahaan.

Seperti dikutip dari situs Indonesia Business Coalition for Women Empowerment (IBCWE), dalam kajian SNAP 2018, Investing in Women (proyek regional yang didanai oleh Pemerintah Australia) memaparkan bahwa perempuan di Indonesia menunjukkan minat sebesar 48% persen untuk bekerja agar menjadi bisa mandiri secara ekonomi, 24% perempuan bekerja untuk berkontribusi bagi keluarganya, dan 18% perempuan bekerja untuk memenuhi kepuasan diri.

Hal ini menunjukkan perempuan di Indonesia, khususnya di area urban, menganggap bekerja tidak semata-mata membuat dirinya mandiri secara ekonomi namun juga untuk aktualisasi dan pengembangan diri dan keinginan berkontribusi untuk lingkungan. Perempuan juga memiliki keinginan besar untuk maju dan meraih posisi puncak dalam dunia profesional.

Meski begitu, masih banyak tantangan yang harus dihadapi perempuan. Masih banyak berbagai pihak yang meragukan kemampuan mereka. Karena itu, supporting system yang kuat dari lingkungan mereka menjadi penguat yang sangat berarti bagi banyak perempuan untuk bekerja dan berkarya.

Untuk merayakan International Women’s Day 2019 dan Hari Kartini, sekaligus merayakan pencapaian perempuan, kumparan bersama Shopee Indonesia menghadirkan wawancara dengan sembilan perempuan dari berbagai profesi. Mulai dari pilot, ilmuwan, pimpinan perusahaan, anggota TNI Angkatan Darat, aktivis, pekerja migas, dan pengusaha difabel. Sembilan perempuan ini bercerita tentang apa saja tantangan yang harus mereka hadapi selama menjalani profesinya dan seberapa penting peran supporting system dalam perjalanan karier mereka.

Konten SPESIAL: Support System #UntukPerempuan Foto: Iqbal Firdaus/kumparan dan Putri Sarah Arifira/kumparan

Mereka juga mengungkapkan seberapa penting peran dukungan atau support system yang didapat dari suami, keluarga, atasan, rekan kerja, atau sesama perempuan lain untuk menghadapi berbagai tantangan dan kesulitan di dunia kerja.

Karena tak jarang, tantangan dan kesulitan tersebut kerap membuat perempuan merasa ragu akan kemampuannya sendiri dan menghambat mereka dalam menyalurkan semua potensi yang dimiliki.

Simak artikel lainnya mengenai Support System Untuk Perempuan pada topik #UntukPerempuan

#UntukPerempuan merupakan bagian dari kampanye Shopee Indonesia dalam rangka menyambut Hari Perempuan Internasional dan Hari Kartini sebagai bentuk dukungan untuk perempuan di seluruh Indonesia.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: