Pencarian populer

Tahukah Kamu Apa Fungsi Tanggal Kedaluwarsa pada Air Minum Kemasan?

Tanggal kedaluwarsa ai minum dalam kemasan (Foto: Luthfa Nurridha/kumparan)
Air memang tidak akan basi. Meski disimpan dalam waktu yang lama, air putih yang kita minum sehari-hari tak akan mengalami proses perubahan secara kimiawi selama penyimpanan air tersebut benar.
ADVERTISEMENT
Bagi kamu yang sering mengonsumsi air mineral kemasan, mungkin bertanya-tanya, apa fungsi sebenarnya dari tanggal kedaluwarsa yang tertera pada botol minuman tersebut?
Masa expired yang tertera dalam botol air kemasan memang sengaja disertakan untuk memberitahu masyarakat yang meminum AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) untuk tidak mengonsumsi air tersebut sebelum melewati batas masa tenggang produk tersebut. Mengapa?
Dr. Aninda Perdana, B Med Sc. yang menjabat sebagai Health Marketing Manager Danone AQUA mengungkapkan alasan disertakan tanggal kedaluwarsa pada AMDK.
"Air mineral memang ngga akan basi. Tapi karena botol yang digunakan untuk mengemas air mineral dibuat dengan proses pencetakan secara kimiawi sehingga akan menyebabkan bahan-bahan kimia tersebut tak bisa bertahan lama terpapar langsung dengan air," ungkap dr. Aninda yang ditemui kumparan (kumparan.com) di bilangan Jakarta Pusat, Senin (25/7).
ADVERTISEMENT
"Air yang tadinya masih mengandung mineral yang utuh jika terlalu lama disimpan dalam botol tersebut juga akan mempengaruhi kandungan dari air mineral," lanjutnya kemudian.
Ilustrasi air botol kemasan. (Foto: Thinkstock)
Kemasan air mineral yang berbahan plastik juga sangat tidak disarankan untuk digunakan kembali. Dr. Aninda pun menambahkan pemaparannya mengenai bahaya penggunaan botol kemasan air mineral yang digunakan berkal-kali.
"Para peneliti tidak pernah menyarankan untuk me-refill kemasan tersebut dengan air mineral untuk mencegah reaksi yang bisa terjadi antara bahan kimia botol dengan air mineral," papar dr. Aninda.
Dibandingkan dengan menggunakan botol kemasan air mineral itu lagi, lebih baik kamu mendaur ulang botol tersebut dengan cara dibuat sebagai prakarya yang bisa menghasilkan uang.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.81