Pencarian populer

Tampil di Hong Kong Fashion Week, Neusa x Purana Kenalkan Kain Batik

Koleksi Neusa x Purana (Foto: Stephanie Elia/kumparan)
Jika berbicara tentang kekayaan kain wastra Nusantara, semua pasti sepakat batik dan tenun masuk ke dalam kategori ini. Ya, pesona batik memang mampu membuat semua orang kagum akan keindahannya. Tak hanya disukai oleh masyarakat Indonesia, batik juga amat diminati oleh wisatawan mancanegara.
ADVERTISEMENT
Hal ini jugalah yang tampaknya disadari oleh dua lini busana lokal Neusa dan Purana. Pada 18 Juli lalu, dua label yang digawangi oleh dua desainer lokal, yaitu Melinda Babyanna dan Nonita Respati itu berkolaborasi memamerkan karya mereka di Hong Kong Fashion Week 2017.
Lewat fashion show bertema 'Kala', Neusa x Purana berhasil menghadirkan karya bergaya kontemporer. Dalam fashion show ini, 'Kala' sendiri memiliki arti seni atau waktu.
Koleksi Neusa x Purana (Foto: Stephanie Elia/kumparan)
Sebanyak 12 koleksi busana dipamerkan dengan balutan material tenun Pekalongan yang dicap dengan motif batik yang simpel nan modern. Warna-warna monokrom seperti hitam dan putih mendominasi koleksi ini. Super Edgy.
Lewat penampilan perdananya di Hong Kong Fashion Week, kolaborasi apik ini sukses menarik perhatian dunia mode internasional. Butuh proses cukup panjang untuk bisa berada di panggung mode bergengsi ini.
Koleksi Neusa x Purana (Foto: Stephanie Elia/kumparan)
Melinda Babyanna, Chief Executive Officer Argo Apparel Group yang menggawangi label Neusa menuturkan jika mereka harus menempuh proses kurasi sebelum akhirnya bisa pamer karya dalam Hong Kong Fashion Week.
ADVERTISEMENT
"Kita dikurasi, Neusa x Purana terpilih untuk merepresentasikan Indonesia di Asian Display. Sebenarnya ada beberapa koleksi dari (desainer) Indonesia, ada empat (kandidat) lainnya," ujar Melinda saat ditemui kumparan (kumparan.com) di Raffles Hotel, Jakarta, Senin (19/9).
Tak hanya berhasil pamer karya, Neusa x Purana juga berhasil mendapatkan respon positif dari para buyer internasional. "Responnya baik banget, ada banyak international buyer yang sehabis kita show, mereka datang ke booth kita. Ada tiga serious buyers," tutur Melinda.
Koleksi Neusa x Purana (Foto: Stephanie Elia/kumparan)
Bahkan, berkat keberhasilannya di ajang Hong Kong Fashion Week, pada bulan Oktober nanti, Neusa x Purana akan masuk dan mulai dijual online di platform asing. "Ada dua lagi yang serius, dari Dubai dan Korea," jelas wanita yang akrab disapa Baby itu.
ADVERTISEMENT
Baby merasa sangat terkesan akan respon positif tersebut. "Mereka berpikir bahwa ini adalah international brand yang bukan dari Indonesia. Justru Japanese brand," ceritanya sambil tertawa. "Saya langsung jelasin ya, karena ini adalah etnik kontemporer kain nusantara sebenernya. Tapi kita kemas dengan sesuatu yang berbeda," sambung Baby lagi.
Koleksi Neusa x Purana (Foto: Stephanie Elia/kumparan)
Dengan DNA unik yang dimiliki Neusa, Baby merasa optimis akan potensi market internasional yang mampu diraup lini fashionnya ini. "Next tahun depan aku mau kita bisa masuk di Paris Fashion Week sih, atau kita masuk ke market Timur Tengah, itu goalsnya," ujarnya positif.
Koleksi Neusa x Purana (Foto: Stephanie Elia/kumparan)
Seluruh koleksi Neusa x Purana ini bisa kamu miliki dengan merogoh kocek mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 2 jutaan. Dan, untuk kamu yang penasaran dengan koleksi lengkap Neusa lainnya, bisa langsung datang menyaksikan fashion show Neusa di Jakarta Fashion Show yang digelar pada 25 Oktober mendatang. Akan ada 20 koleksi yang akan dipertontonkan.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.81