kumparan
27 Jan 2018 14:42 WIB

Tanaman Hijau Jadi Dekorasi Favorit untuk Percantik Interior Rumah

Kombinasi tanaman dan interior rumah (Foto: Instagram @urbanjungleblog)
Saat ini, tren dekorasi rumah menggunakan tanaman berwarna hijau sedang mewabah di Indonesia. Selain dedaunan hijau seperti Sirih Gading, tanaman sukulen juga disenangi banyak orang.
ADVERTISEMENT
Tanaman sukulen seperti kaktus disukai karena tak membutuhkan perawatan yang terlalu ribet, alias low maintenance. Kamu tak perlu sering memberi pupuk ataupun menyiraminya dengan air. Sebagian orang percaya, bahwa jenis sukulen tertentu bisa membawa hoki atau keberuntungan bagi pemiliknya.
Selain itu, meletakkan tanaman hijau (jenis tertentu) di dalam rumah juga berfungsi menyaring dan membersihkan udara. Jadi, udara di dalam rumah selalu terasa sejuk dan segar.
Biasanya, tanaman hijau diletakkan di ruang tamu rumah atau sudut apartemen. Jika dirawat dan diletakkan pada wadah yang cantik, tanaman hijau bisa jadi dekorasi rumah yang artistik dan sedap dipandang mata. Apakah kamu merupakan salah satu yang gemar mengoleksi tanaman hijau untuk mempercantik ruang tamu?
ADVERTISEMENT
Berikut ini, kumparan (kumparan.com) memberi sederet tips yang bisa kamu praktekkan jika ingin memelihara tanaman hijau sebagai dekorasi rumah.
1. Eksperimen dengan Beragam Tumbuhan
Agar ruangan nampak artistik dan tak membosankan, kamu sebaiknya memajang aneka jenis tanaman hijau. Seperti kaktus, lidah mertua, sirih gading, lidah buaya, aglonema (sri rejeki), heart-leaf, dragon tree, spider plant, dan masih banyak lagi.
Apabila ditempatkan di ruang yang sama, maka tumbuhan tersebut akan menyuguhkan visual yang beragam. Selain itu, ukuran tanaman juga bisa menjadi salah satu faktor penting. “Apabila kamu menggunakan tanaman dengan ukuran dan jenis yang sama, maka hal itu akan membosankan,” jelas Igor Josifovic, founder Urban Jungle Blog, dikutip Refinery29.
2. Gunakan Pot Unik
ADVERTISEMENT
Pot plastik tanaman yang kamu dapatkan langsung dari penjual memiliki tampilan yang kurang artistik. Agar tanaman hias nampak cantik dan sedap dipandang, kamu harus menggantinya menggunakan pot yang instagramable. Semakin unik, makin cantik pula ruangan kamu terlihat.
Kamu bisa menggunakan pot berbahan bata, keramik, atau kontainer berbahan metal. Semua harus disesuaikan dengan interior rumahmu.
3. Kenali Tanamanmu
Tentu untuk menciptakan estetika yang baik, kamu tak boleh melupakan karakter utama dari tumbuhan. Agar tumbuh subur dan berwarna cantik, tanaman membutuhkan cahaya matahari.
“Secara visual, tanaman memang akan terlihat cantik pada sudut ruang yang gelap. Namun, tanaman tersebut akan sangat memerlukan cahaya natural. Kenali tanamanmu, karena tak ada yang lebih cantik selain tanaman yang terlihat sehat,” jelas Josifovic.
ADVERTISEMENT
5. Gunakan Tumbuhan Menjalar
Jika kamu menginginkana ruang tamu atau rumah yang instagramable, coba pelihara tumbuhan menjalar. “Tumbuhan menjalar sangat terlihat cantik dalam foto,” jelas Josifovic.
Bagaimana menurutmu? Akankah kamu menambahkan ruang hijau dalam interior rumahmu?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan