Pencarian populer

Throwback: 7 Desainer yang Sukses Gelar Fashion Show Tunggal di 2017

Magellani, Hian Tjen Couture 2017-2018 Collection (Foto: Dok. Tim Muara Bagja)

“Keanggunan bukanlah sesuatu untuk diperhatikan, namun sesuatu yang perlu diingat."

Sebuah ungkapan dari seorang desainer dunia Giorgio Armani, yang dengan tepat menjabarkan dinamika kesuksesan desainer-desainer terkenal Tanah Air.

Sebuah kepiawaian para desainer dalam menciptakan sehelai kain menjadi busana yang diingat masyarakat, mengantarkan mereka kedepan gerbang-gerbang kesuksesan dengan menggelar fashion show tunggal.

Di penghujung 2017 ini, mari simak 7 desainer yang kumparan (kumparan.com) rangkum, tak hanya sukses menampilkan deretan busana yang anggun dan memukau, namun menyuguhkan kesan yang sulit untuk dilupakan. Siapa saja mereka? 1. Sebastian Gunawan

Whisper/Roar 2018 by Sebastian Gunawan. (Foto: Tim Muara Bagja)

Berbicara soal desainer fashion Indonesia, siapa yang tak kenal dengan Sebastian Gunawan?

Pria yang akrab disapa dengan nama Seba ini kerap menyuguhkan karya seni yang memukau. Lewat koleksinya dengan tajuk Whisper/Roar, Seba sukses menyuguhkan 82 gaun yang magis dan memikat hati.

Koleksi ini dipersembahkan khusus untuk memperingati 25 tahun Seba bergelut di industri mode Tanah Air.

Whisper/Roar 2018 by Sebastian Gunawan. (Foto: Tim Muara Bagja)

2. Rinaldy Yunardi

Rinaldy Yunardi dengan mahakaryanya (Foto: Rinaldy Yunardi)

Dunia mode Tanah Air sempat dibuat heboh akhir-akhir ini lantaran salah satu selebriti hollywood yang tengah naik daun, Gal Gadot, menggunakan aksesoris karya desainer Indonesia.

Adalah Rinaldy Yunardi, yang juga sukses menggelar show tunggal keempat dengan tajuk ‘Equilibrium: Rinaldy Yunardi x Absolut Elyx’ yang tepat dilangsungkan pada hari ulang tahunnya yang ke-47.

Fashion show EQUILIBRIUM Rinaldy Yunardi (Foto: Garin Gustavian Irawan/kumparan)

Rinaldy mempersembahkan 47 koleksi headpiece yang terinspirasi dari lima elemen bumi. Seperti tanah, air, api, angin, dan besi.

Dalam show-nya ini, Rinaldy mengundang lima diva Indonesia untuk mempresentasikan karyanya. Rossa dengan elemen tanah, Krisdayanti mewakili api, Andien membawakan air, Syahrini sebagai Angin, Titi DJ menggambarkan besi, dan Melly Goeslaw sebagai mother of earth.

Fashion show EQUILIBRIUM Rinaldy Yunardi (Foto: Garin Gustavian Irawan/kumparan)

3. Hian Tjen

Loading Instagram...

Pria lulusan Esmod ini menghadirkan sebuah fashion show dengan tajuk ‘Magellani’ yang terinspirasi dari kekagumannya terhadap hamparan bintang saat ia berlibur ke Maroko.

Dalam koleksinya, Hian mempersembahkan 59 set busana Hian Tjen Couture 2017-2018 Collection dengan desain lebih ringkas, lebih ringan, sekaligus lebih bergaya kekinian dibandingkan dengan penampilan busana perdananya dua tahun lalu.

Seluruh koleksinya dihadirkan dalam balutan material seperti silk gazar, scuba, dan tulle. Koleksi Magellani ini didominasi oleh warna dusty pink, slate blue, dan midnite blue dengan sisipan warna keemasan dan keperakan diantaranya. Cantik sekali, ya?

Magellani, Hian Tjen Couture 2017-2018 Collection (Foto: Tim Muara Bagja)

4. Biyan

Loading Instagram...

Desainer papan atas Indonesia yang telah menggandrungi dunia mode Tanah Air sejak 33 tahun lalu ini kerap menyuguhkan kepiawaiannya dalam menyatukan helaian kain menjadi busana yang menawan.

Desainer kebanggaan Indonesia ini tak hanya menjadi inspirasi Nusantara tapi telah melebarkan sayapnya hingga Hongkong, Inggris, Jerman, Belanda, dan masih banyak lagi.

Hal itu tak menutup kecintaannya terhadap kain Tanah Air, yang ia buktikan pada koleksi Humba Hammu, sebuah bahasa Sumba dengan arti ‘Sumba yang Cantik’.

Mulai dari gaun panjang, rok, atasan, outer, hingga kemeja ia persembahkan lewat sentuhan kagumnya di setiap helai kain-kain tersebut.

Biyan sendiri menampilkan 90 set busana cantik menggunakan kain Sumba. Bagaimana menurutmu? Sangat menawan, bukan?

Humba Hammu oleh Biyan (Foto: Stephanie Elia/kumparan)

5. Edward Hutabarat

Loading Instagram...

Pria yang akrab disapa Bang Edo ini memang terkenal dengan kecintaannya terhadap budaya lokal.

Ia secara konsisten melestarikan batik tradisional Indonesia. Lewat fashion show tunggalnya, ia menilik kain lurik, sebuah kain ciri khas Jawa sebagai pemeran utama.

Lewat show ‘Tangan-Tangan Renta’, Bang Edo menyampaikan rasa cintanya lewat 25 busana dengan kain lurik tersebut. Menyajikan sebuah perpaduan yang sempurna antara nuansa etnik dan modern.

Koleksi 'Tangan-Tangan Renta' Edward Hutabarat (Foto: Stephanie Elia/kumparan)

6. Ria Miranda

Ria Miranda Sustainable Fashion (Foto: Gina Yustika Dimara/kumparan)

Wanita yang tengah hamil dengan dua orang anak ini sukses menggelar fashion show tunggalnya dengan tajuk: The Fifth riamiranda Annual Trunk Show 2018 yang berlangsung di Ballroom The Ritz-Carlton, Jakarta Pusat, Jum’at (1/12) silam.

Perempuan cantik yang kerap disapa Ria ini menghadirkan koleksi Spring/Summer 2018 yang ia fokuskan pada permainan warna, serta kombinasi motif yang terinspirasi dari alam.

Dalam Trunk Show-nya ini, Ria sukses mengkolaborasi teknologi ramah lingkungan kepada desain teranyarnya. Hasilnya pun terlihat anggun dan feminin.

Ria Miranda Sustainable Fashion (Foto: Gina Yustika Dimara/kumparan)

7. Danjyo Hiyoji

Loading Instagram...

Berkolaborasi dengan Heineken Light, Dana Maulana dan Liza Masitha, selaku pemilik brand Danjyo Hiyoji, menampilkan desain unik dengan balutan bubble wrap. Keren, ya?

Tak hanya bubble wrap, seluruh koleksinya menggunakan material berbahan dasar katun dengan paduan pita trasnparan hijau dan holographic beading (manik-manik).

Tema dari show-nya ini adalah liburan, sehingga pakaian yang disajikan pun didesain khusus agar terasa ringan dan flowy saat dipakai.

Fashion Show Heineken x Danjyo Hiyoji (Foto: Gina Yustika Dimara/kumparan)

Adakah desainer diatas yang menjadi favoritmu? Mari kita nantikan berbagai sepak terjang desainer Tanah Air dalam kepiawaiannya dalam menghadirkan busana yang magis di 2018 nanti.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: