Pencarian populer

Throwback: 9 Peristiwa Penting Terkait Perempuan di Seluruh Dunia

Momen Besar Terkait Perempuan di Sepanjang Tahun 2018. (Foto: dok. Courtesy of Citadel, AFP/KENA BETANCUR, Eric Miller/ REUTERS, dok. Balmain)

Sejak isu pemberdayaan perempuan mulai banyak diperbincangkan secara global, perempuan semakin menunjukkan gaungnya untuk membuktikan bahwa mereka juga layak mendapatkan kesempatan yang sama seperti laki-laki.

Banyak organisasi yang semakin berani menyuarakan hak-hak perempuan, menuntut keadilan bagi perempuan, mencetak sejarah, meraih prestasi, hingga berani mengungkapkan pelecehan seksual yang mereka alami di hadapan dunia.

Di sepanjang tahun 2018, banyak sekali peristiwa yang menunjukkan bahwa perempuan telah banyak berkembang. Perempuan juga mulai menunjukkan bahwa mereka juga bisa meraih apapun yang mereka impikan; tanpa dibatasi gender.

Untuk mengingatkan Anda, berikut kumparanSTYLE telah merangkum sembilan peristiwa besar terkait perempuan yang wajib Anda ketahui. Apa saja?

1. Time’s Up Movement

Time's Up, kampanye anti pelecehan seksual (Foto: Instagram @timesupnow)

Lebih dari 300 perempuan di Hollywood merilis surat terbuka tentang jumlah dana yang telah dikumpulkan oleh gerakan Time’s Up. Total mereka berhasil mengumpulkan dana senilai 13 juta dolar AS atau sekitar Rp 189 miliar untuk membantu perempuan yang mencari keadilan untuk pelecehan dan kekerasan seksual.

2. Perempuan Arab Saudi Diperbolehkan Menyetir dan Menonton Pertandingan Olahraga

Perempuan Arab Saudi Menyetir Mobil (Foto: Reuters/Faisal Al Nasser)

Tahun 2018 menjadi tahun yang paling bersinar bagi perempuan di Saudi Arabia. Berkat kebijakan baru yang dibuat oleh Pangeran Mohammed bin Salman, untuk pertama kalinya pada bulan Januari perempuan Arab Saudi diperbolehkan untuk menonton pertandingan bola. Kemudian di bulan Juni, mereka juga diizinkan menyetir mobil. Sebagai bentuk perayaan, Vogue Arabia membuat cover khusus dengan foto perempuan Arab yang sedang bergaya di atas sebuah mobil mewah.

3. Komandan Perempuan Pertama di Akademi Militer Carolina Selatan

Sarah Zorn. (Foto: dok. COURTESY OF THE CITADEL)

Akademi Militer Carolina Selatan mengumumkan Sarah Zorn sebagai perempuan pertama dalam sejarah yang terpilih sebagai komandan resimen atau perwira kadet berpangkat tertinggi. Sarah akan memimpin 2.350 mahasiswa akademi militer.

4. Momen Beychella di Coachella

Beyonce di Coachella 2018 (Foto: Instagram @beyonce)

Beyoncé berhasil menjadi perempuan kulit hitam pertama yang tampil dalam festival musik tahunan Coachella 2018. Dalam penampilannya itu, Beyoncé memainkan 27 lagu bersama lebih dari 100 penari latar dan lima kali ganti kostum rancangan Balmain. Pertunjukan ini disiarkan langsung di seluruh dunia dan menjadi acara yang paling banyak ditonton sepanjang tahun 2018 dengan jumlah 41 juta penonton.

5. 60 Persen Perempuan di AS menjadi Pembicara di Perguruan Tinggi

Oprah Winfrey (Foto: REUTERS/Kevin Lamarque)

Associated Press melaporkan bahwa di tahun 2018 ada sebanyak 60 persen perempuan yang berhasil menjadi pembicara di perguruan tinggi besar di AS. Peristiwa ini merupakan yang pertama kalinya selama 20 tahun.

6. Perempuan Pertama di Kongres AS

Ilhan Omar dan Rashida Tlaib. (Foto: REUTERS/Brian Snyder , REUTERS/Rebecca Cook)

Rashida Tlaib berhasil memenangkan pemilihan utama Demokrat di Distrik Kongres ke-13 Michigan. Ia menjadi perempuan Muslim pertama yang terpilih sebagai Kongres. Selain Rashida, ada juga Ilhan Omar yang menjadi perempuan hijab dan pengungsi muslim asal Somalia pertama yang menjabat di Kongres AS dan terpilih menjadi Dewan Perwakilan, sekaligus perempuan kulit hitam pertama yang bertugas sebagai Perwakilan AS dari Minnesota.

7. Nadia Murad Menerima Hadiah Nobel Perdamaian

Nadia Murad, 25 tahun. Aktivis Hak Asasi Manusia Yazidi dan Goodwill Ambassador Pertama untuk Martabat Korban Perdagangan Manusia PBB (Foto: IG @feedimo)

Nadia Murad, perempuan asal Yazidi berusia 25 tahun yang diculik oleh ISIS pada 2014, berhasil meraih Hadiah Nobel Perdamaian 2018 atas upaya yang ia lakukan untuk mengakhiri kekerasan seksual. Ia akan menyumbangkan dana kemenangannya yang bernilai 500 ribu dolar AS untuk membantu perempuan Irak.

8. Perjuangan Baiq Nuril Menghadapi Kasus Pelecehan Seksual

Lipsus Baiq Nuril Melawan. (Foto: kumparan)

Baiq Nuril dinyatakan bersalah oleh Mahkamah Agung (MA) serta divonis hukuman enam bulan penjara dan denda Rp 500 juta. Ia dinilai melanggar UU ITE karena menyebarluaskan konten elektronik yang bermuatan asusila. Dokumen elektronik itu adalah rekaman percakapan telepon dari Kepala Sekolah SMAN 7 bernama Muslim, kepada Baiq Nuril yang dianggap berisi muatan pornografi.

Padahal, Baiq Nuril menyimpan rekaman percakapan itu karena ia telah mengalami pelecehan seksual dari si kepala sekolah. Peristiwa tersebut bisa menjadi contoh bagi perempuan di Indonesia yang tengah memperjuangkan keadilan bagi diri mereka.

9. Perempuan Pertama yang Memimpin di Marinir AS

Marina Hierl. (Foto: SGT. Gregory Boyd/ Office of Marine Corps Community)

The New York Times melaporkan bahwa Letnan Marina Hierl membuat sejarah sebagai perempuan pertama yang memimpin tim infanteri Korps Marinir di Amerika Serikat.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: