kumparan
28 Mei 2018 18:01 WIB

Tips Berhijab untuk Pemula ala Vivi Zubedi

Vivi Zubedi. (Foto: dok. HIJUP)
Salah satu kewajiban bagi perempuan muslim adalah menutup aurat. Hal ini dapat diterapkan dengan mengenakan hijab.
ADVERTISEMENT
Namun, keputusan dalam memantapkan diri mengenakan hijab bagi sebagian orang merupakan suatu langkah yang tidak mudah. Dibutuhkan proses dan keyakinan diri untuk konsisten dalam mengenakan hijab.
Apa lagi untuk Anda yang masih gemar bereksplorasi gaya dan tampilan. Menjadi sulit karena antara apakah nanti setelah menggunakan hijab penampilan kita tetap dapat stylist atau sebaliknya. Memang mengenakan hijab sendiri itu memilki tantangan tersendiri bagi perempuan, terlebih lagi bagi para pemula.
Banyak sekali pertimbangan yang dipikirkan, mulai dari kesehatan rambut hingga model hijab apa yang akan cocok digunakan. Namun, selain berbagai pertimbangan tersebut faktor kenyamanan dalam mengenakan hijab adalah hal yang paripurna.
"Dalam mengenakan hijab hal pertama yang harus diperhatikan adalah kenyamanan, apa lagi untuk para pemula yang sebelumnya tidak mengenakan hijab kemudian sekarang berhijab akan ada saja perasaan yang membuat tidak nyaman. Misalnya menjadi lebih mudah merasa lebih panas, ketimbang sebelum berhijab karena kepala kita seharian tertutup. Nah, hal pertama yg perlu diperhatian adalah cari bahan yang nyaman seperti katun, voal dan crepe sehingga saat kita berhijab rasa ketidaknyamanan tersebut tidak menjadi-jadi," papar Vivi Zubedi saat ditemui kumparanSTYLE (kumparan.com) di Mall Kota Kasablanka, Tebet, Jakarta Selatan, Sabtu (26/5).
ZUBEDI by Vivi Zubedi. (Foto: Dok. HijUp)
Selain itu, desainer kelahiran 17 April tersebut juga memaparkan saat berhijab pastikan memakai hijab yang sesimpel mungkin. "Jadi untuk para pemula, dengan mengenakaan kerudung yang simpel tidak akan sedikit-sedikit repot mengurusi atau membetulkan hijab yang sedang ia kenakan," sahut Vivi Zubedi.
ADVERTISEMENT
Desainer yang terkenal dengan rancangan abayanya tersebut turut memaparkan, saat ini berbagai kemudahan dalam mendapatka produk-produk muslimah yang inovatif dan instan seharusnya tidak menjadi hambatan lagi dalam berhijab.
Vivi Zubedi di Hijup Ramadhan Festival 2018 (Foto: Ratmia Dewi /kumparan)
"Sekarang itu produk-produk lokal makin banyak yang inovatif misalnya kerudung-kerudung instan yang tinggal pakai, pilihan baju-baju gamis banyak yang sudah two pieces kelihatannya top and bottom padahal itu adalah dress. Kemudian ada juga abaya instan, kerudung instan dan lain-lain. Jadi dengan berbagai produk-produk alternatif yang instan dan tidak ribet dapat semakin memudahkan perempuan yang baru mulai memakai hijab dan tentunya dapat tetap tampil syar'i dan stylish," seloroh Vivi.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan