kumparan
6 Des 2017 14:39 WIB

Tips Cegah Rambut “Bau Matahari” Sepulang Sekolah

Pria suka perempuan dengan rambut yang rapi. (Foto: Thinkstock)
Girls, bete enggak sih setelah seharian beraktivitas di sekolah rambut kamu jadi mudah lepek dan bau? Apalagi kalau tipe rambut kamu berminyak, pasti deh kamu bakalan cuci rambut setiap hari.
ADVERTISEMENT
Banyak ahli kecantikan menyarankan para wanita untuk tidak mencuci rambut setiap hari. Kenyataanya, tak sedikit dari mereka tetap mencuci rambut karena alasan tertentu seperti aroma rambut yang sudah tak sedap.
“Rambut dan kulit kepala mudah berbau karena ada penumpukan sebum dan keringat, dan hal ini yang menjadikannya tempat berkembang biak bakteri dan sel kulit mati,” ujar ahli dermatologis, Dr. Francesca Fusco, yang dilansir dari Refinery29, Rabu (06/12).
Sebenarnya keringat itu tidak menghasilkan bau, bakteri yang ada di kulit kepala lah yang membuat rambut kamu jadi bau, karena bakteri tersebut bisa mengeluarkan senyawa seperti bawang dan keju.
Sama seperti bagian tubuh kamu yang lain, kulit kepala juga bisa menghasilkan keringat. Tapi kenapa rambut cepat berbau ketimbang bagian tubuh yang lain, katakanlah wajah?
ADVERTISEMENT
“Ya, saat kamu tidak mencuci muka, wajah kamu tidak akan berbau busuk, tapi kulit kepala kamu akan. Rambut itu menjaga kulit kepala tetap hangat, dan rambut juga menjadi inkubator bagi semua bakteri yang menempel di kulit kepala,” tambahnya.
Dr. Fusco juga menambahkan, memiliki bau rambut bukanlah tanda kebersihan yang buruk. Itu semua adalah hormonal, bahkan ketika kamu menggunakan produk tertentu untuk menghilangkan bau rambut, itu tidak akan terlalu efektif bahkan akan membuat rambut kamu semakin berkeringat dan menghasilkan minyak berlebih.
Penggunaan berbagai produk semprot dan bubuk seperti dry shampoo memang bisa mengurangi bau tak sedap. Namun itu bukanlah solusi permanen, produk-produk tersebut malah bisa mempengaruhi kesehatan kulit kepala jika digunakan secara berlebihan.
ADVERTISEMENT
Alih-alih mengandalkan produk-produk kecantikan, Dr. Fusco merekomendasikan satu trik sederhana untuk menghilangkan bau pada rambut, yaitu menggunakan pengering rambut dengan pengaturan ‘cool’. Sekarang ini sudah banyak pengering rambut dengan pengaturan ‘cool’ yang dijual di mall. Banyak orang mungkin bertanya apa fungsi pengaturan ‘cool’ ini, namun ternyata pengaturan ini bisa membantu kamu untuk menghilangkan bau pada rambut dengan aman tanpa perlu keramas.
“Gagasannya sederhana, ketika kamu diminta untuk menyegarkan ruangan dari aroma masakan yang kurang sedap, kamu pasti akan memasukan udara segar ke ruangan itu. Hal ini juga terjadi pada rambut, ketika rambut kamu sudah memiliki aroma yang tidak sedap cobalah berikan udara segar kepada rambut kamu menggunakan pengering rambut dengan pengaturan cool,” kata Dr. Fusco.
ADVERTISEMENT
Namun jika kamu ingin mendapatkan hasil yang permanen, Dr. Fusco juga menyarankan untuk melakukan botox. Botox ini nantinya akan disuntikkan ke kulit kepala untuk mengurangi keringat, dan botox itulah akan mengurangi kulit kepala yang bau.
Nah girls, itulah beberapa solusi agar rambut kamu tetap harum setiap hari. Bye-bye rambut bau matahari!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan