Pencarian populer

Tips dan Cara Membersihkan Wajah dengan Facial Wipes

Ilustrasi merias wajah (Foto: dok. Thinkstock)

Saat menjalani hari yang sibuk dan panjang, menggunakan facial wipes untuk membersihkan makeup memang menjadi alternatif yang paling mudah.

Tak jarang, Anda hanya membersihkan wajah dengan facial wipes tanpa dilengkapi pembersih wajah lainnya. Namun, apakah facial wipes saja sudah cukup?

“Untuk Anda yang menggunakan makeup ringan atau medium, facial wipes saja bisa cukup untuk membersihkan wajah,” papar Shari Marchbein, dermatologist dari New York kepada Allure.

Kuncinya, adalah menggunakan facial wipes sebanyak apapun hingga Anda memastikan bahwa tak ada makeup yang tertinggal di wajah. Namun, menurut Erin Gilbert, dermatologist dari New York, jika Anda menggunakan makeup yang tebal, facial wipes saja tak cukup untuk membersihkan wajah Anda.

Facial Wipes Yves Rocher (Foto: dok. Sociolla)

“Saya selalu merekomendasikan menggunakan facial wipes, untuk menghapus makeup utama saja. Kemudian, Anda harus bersihkan lagi dengan cleanser pilihan masing-masing,” jelas Erin.

“Jika sisa makeup masih menempel di wajah Anda, dan Anda tinggalkan semalaman, hal tersebut bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan munculnya jerawat,” tambahnya.

Kedua dokter kulit ini setuju bahwa menggunakan facial wipes saja memang tak cukup untuk membersihkan wajah secara maksimal. Terutama, di bagian area seperti bulu mata, alis, dan hairline.

“Sisa makeup tak hanya membuat kulit Anda berjerawat, tapi bisa memberikan efek penuaan dini pada kulit,” jelas Erin.

Shari pun membeberkan cara membersihkan wajah dengan facial wipes yang benar. Ia merekomendasikan untuk memulainya dari wajah bagian tengah dan bergeser menuju area lainnya secara merata.

Ilustrasi Wajah (Foto: THINKSTOCK )

Ia juga memfokuskan untuk bersihkan makeup mata terlebih dahulu, sebelum menuju ke area pipi dan kening.

“Makeup pada mata terkadang sulit untuk dibersihkan. Saat dibersihkan, makeup tersebut bisa luntur ke area pipi dan bawah mata jika Anda bersihkan terakhir,” jelas Erin. “Hal itu merusak esensi Anda untuk membersihkan wajah secara menyeluruh dan bersih.”

Sehingga, lebih baik Anda menggunakan kandungan yang lebih kuat pada area mata, seperti eye makeup remover, yang memang dikhususkan untuk menghapus makeup mata.

Kesimpulannya, facial wipes memang alternatif praktis untuk membersihkan sebagian makeup pada wajah Anda. Namun, jangan sampai meninggalkan rutinitas kecantikan Anda dalam membersihkan wajah, agar tetap terjaga dengan bersih.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: