kumparan
26 Des 2018 12:00 WIB

Tips Karier: 5 Cara Agar Anda Lebih Bahagia saat Bekerja

Ilustrasi Perempuan Karier. (Foto: Shutterstock)
Menghadapi berbagai deadline dan tekanan dalam menjalani karier terkadang membuat sebuah pekerjaan sulit untuk dinikmati. Kata ‘bahagia’ pun seolah menjadi ungkapan yang jauh dari perasaan yang didapatkan saat bekerja. Memaksakan diri untuk produktif tanpa memikirkan apa yang dirasakan oleh hati dan pikiran akhirnya membuat diri menjadi stres.
ADVERTISEMENT
“Pekerjaan memang bisa membuat stres, namun bukan berarti kebahagiaan tidak bisa diperoleh,” papar Zach Holmquist, cofounder dari Teem kepada Business Insider.
Apakah Anda tengah merasa tidak bahagia saat bekerja? Jika iya, berikut lima cara untuk mendapatkan kebahagiaan saat bekerja ala career expert dunia:
1. Cari tahu apa yang memotivasi Anda
Ilustrasi Perempuan Karier. (Foto: Shutterstock)
Banyak orang merasa tidak bahagia saat bekerja karena tak tahu apa yang sebenarnya memotivasi Anda. Kurangnya koneksi dengan pekerjaan yang dijalani membuat Anda kehilangan arti dari usaha yang dijalani. Sehingga, pikirkan secara matang bagaimana Anda mendefinisikan kesenangan dan sukses. Lalu hubungkan dengan pekerjaan yang Anda jalani.
- Kira Nurieli, pendiri dan direktur Harmony Strategies Group
2. Ambilah 10 hingga 15 menit istirahat
Ilustrasi berangkat kerja. (Foto: Shutterstock)
Cobalah untuk mengambil istirahat selama 10 hingga 15 menit hanya untuk diri Anda sendiri. Dalam kurun waktu ini, cobalah untuk bermeditasi, berjalan-jalan sebentar, melakukan peregangan otot, hingga mendengarkan musik. Membiarkan diri memiliki waktu ‘Me Time’ dapat membantu Anda merasa lebih bersemangat bekerja dan mengurangi stres.
ADVERTISEMENT
- Penelope Breckett, practice development manager RiseSmart.
3. Kumpulkan hal-hal yang membuat Anda spesial
Ilustrasi Perempuan Karier (Foto: dok.Thinkstock)
Berhentilah untuk membandingkan hidup Anda dengan ‘orang asing’ yang Anda temukan di internet. Mulailah dengan melihat segala kelebihan, pujian, rasa syukur yang Anda dapatkan dari kehidupan sendiri.
- Lauren McGoodwin, CEO dan founder dari Career Contessa.
4. Ingatkan diri Anda apa yang membuat Anda bekerja sekarang
Perempuan karier. (Foto: Thinkstock)
Ingatkan pada diri Anda mengapa Anda bekerja di tempat yang sedang Anda jalani ini. Terkadang, di awal pekerjaan, kita selalu merasa semangat dan senang dalam menjalaninya. Namun, seiring berjalannya waktu, stres jadi menumpuk dan lupa apa yang membuat diri jadi bersemangat saat bekerja.
- Esther Gonzalez Freeman, board-certified career coach dan founder E Powered Media.
ADVERTISEMENT
5. Kurangi waktu Anda untuk ‘hang out’ dengan rekan kerja yang negatif
Ilustrasi Semangat Bekerja (Foto: Unsplash)
Dalam pekerjaan, kita akan menemukan rekan kerja yang selalu mengeluh atau tukang gosip. Anda tak perlu menjauhi mereka, namun batasi waktu Anda untuk bertemu dan berkumpul dengan rekan kerja seperti mereka. Cobalah untuk menghabiskan waktu dengan seseorang yang lebih positif dan membantu Anda untuk meningkatkan kualitas diri.
- Rebecca Gebhardt, founder dan consultant dari Rise Up Consulting.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·