Pencarian populer

Tips Karier: 5 Cara Efektif Dapatkan Promosi Jabatan

Ilustrasi perempuan karier. (Foto: Thinkstock)
Setelah kerja menahun, banyak karyawan yang merasa sudah mencukupi syarat untuk mendapatkan promosi dalam kariernya. Untuk itu, mereka berani meminta promosi jabatan secara langsung pada atasan.
ADVERTISEMENT
Memang, hal tersebut bisa menjadi momen yang begitu menegangkan. Namun, ketika kita menyadari hal tersebut penting di masa depan, permintaan tersebut harus disampaikan.
Tapi perlu diingat, jika Anda menunjukkan performa terbaik sebagai karyawan, tanpa perlu meminta pun, atasan Anda akan memberi kesempatan untuk mempromosikan karier Anda.
Agar Anda bisa menjadi kandidat kuat yang layak mendapatkan promosi jabatan, mari simak lima cara yang dapat Anda lakukan:
1. Tunjukkan potensi Anda
Dalam satu perusahaan, ada karyawan yang sudah puas dengan kemampuan yang dimilikinya. Namun, yang perlu disoroti adalah ada karyawan yang selalu ingin berkembang, dan karyawan inilah yang mendapatkan nilai tambah.
Karyawan ini akan selalu menunjukkan potensinya dan mencari informasi-informasi baru, hingga mengikuti berbagai pelatihan untuk menguatkan kemampuannya.
ADVERTISEMENT
2. Jangan terlibat dalam politik kantor
Boleh-boleh saja mendengar desas-desus soal politik di kantor Anda. Namun, ada baiknya Anda tidak terlibat ke dalamnya, terlebih lagi bagi Anda yang masih berada di posisi staf junior.
Karena, sebagian manager akan sangat berhati-hati untuk mempromosikan bawahannya atau seorang bawahan yang tidak dapat dipercaya.
Ilustrasi Perempuan Karier (Foto: dok.Thinkstock)
3. Memberikan solusi ketimbang komplain
Hampir semua level karyawan pernah melakukan komplain, mulai dari staf, manajer, bahkan hingga CEO. Karyawan yang menonjol bukanlah mereka yang tidak pernah komplain. Akan tetapi, mereka adalah orang-orang yang bisa memberikan solusi setelah komplain.
Karyawan yang bisa memberikan solusi adalah karyawan yang bertanggung jawab, sekaligus jadi poin untuk meraih promosi jabatan. Hal ini karena mereka adalah tipe orang tidak pernah puas dengan kondisi yang ada dan berusaha untuk melakukan perbaikan melalui solusi-solusi yang ditawarkan.
ADVERTISEMENT
4. Jika Pekerjaan sudah selesai dan memiliki waktu luang, jangan segan tawarkan bantuan
Akan ada kalanya Anda sedang tidak memiliki pekerjaan yang terlalu banyak untuk dikerjakan. Ketimbang harus menganggur dan menunggu jam pulang kantor, baiknya Anda menawarkan bantuan pada rekan atau atasan Anda. Tunjukkan bahwa Anda loyal pada perusahaan dan memiliki kerja sama tim yang baik
com-Ilustrasi Karier Milenial (Foto: Thinkstock)
5. Atur pertemuan santai dengan atasan Anda untuk menunjukkan minat
Anda harus melakukan percakapan rutin dengan bos Anda tentang ambisi dan minat Anda agar mendapatkan peluang karier. Jika tidak, peluang untuk promosi atau proyek baru dapat muncul tanpa sepengetahuan Anda.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80