Pencarian populer

Tips Karier: 7 Hal yang Harus Anda Miliki untuk Mencapai Kesuksesan

4 hal yang harus dimiliki girlboss (Foto: Unsplash)

Sebagai seseorang yang sedang meniti karier, selain membutuhkan pengalaman Anda juga harus memiliki berbagai kemampuan dan karakter yang baik untuk bisa meningkatkan performa kerja.

Tiga hal tersebut menjadi satu paket penting yang harus Anda kantongi dimanapun Anda bekerja. Jika Anda hanya memiliki pengalaman kerja saja dan tidak mengembangkan skill, maka Anda tidak akan bisa berkembang.

Begitu juga jika Anda memiliki skill yang mumpuni dan pengalaman kerja segudang, tetapi attitude atau sikap Anda tidak baik, maka dua hal tersebut menjadi percuma. Bahkan kerja keras Anda bisa saja tidak akan berarti apa-apa.

Dilansir dari Business Insider, Brian Tracy, penulis buku Earn What You’re Really Worth, bersama dengan tujuh career expert lainnya berbagi tentang tujuh hal yang harus dimiliki oleh karyawan untuk dapat sukses dalam berkarier di berbagai bidang. Apa saja?

1. Tangguh

Berani mengakui kesalahan. (Foto: TIME)

Marc Cenedella, CEO dari Ladders mengatakan bahwa ketangguhan dapat membedakan siapa saja yang dapat berkembang dan siapa saja yang mudah menyerah di tempat kerja.

Menurutnya, banyak atasan yang menginginkan anggota tim mereka tetap mempertahankan tujuan meski harus melewati berbagai tantangan saat mengerjakan sesuatu.

Dalam keadaan yang menegangkan sekalipun, stres atau kesulitan tidak boleh mempengaruhi performa dan sikap seseorang dalam bekerja.

2. Kemampuan dalam mengatur waktu

Ketahuilah jika menghabiskan waktu 12 jam di kantor belum tentu dapat membuat atasan Anda kagum. Mereka akan lebih tertarik jika Anda mampu mengerjakan tugas dengan tepat waktu dan bahkan lebih cepat.

Brian Tracy mengatakan bahwa produktivitas sangat ditentukan oleh kepiawaian Anda dalam mengatur waktu, menyusun rencana, menentukan prioritas, mengatur jadwal, menyelesaikan masalah, dan menyelesaikan tugas.

“Setiap orang harus tepat waktu. Itu berarti semua karyawan harus menghargai waktu dan menggunakannya secara efektif,” ungkap Judge Graham, seorang entrepreneur dan career coach asal Amerika Serikat.

Bersikap baik di lingkungan kerja (Foto: Slate)

3. Keberanian

Salah satu hal yang membuat pengusaha sukses adalah karena mereka tidak takut akan kegagalan. Mereka terkenal dengan keberanian dalam mengambil langkah dan keputusan.

Jeff Bezos, CEO dari Amazon merupakan salah satu pengusaha yang menerima sebuah kegagalan sebagai bagian dari proses kesuksesan. “Untuk menciptakan sesuatu, Anda harus bereksperimen. Tetapi jika Anda tahu itu akan berhasil, maka itu bukan sebuah eksperimen,” ungkapnya.

4. Fokus

Ilustrasi perempuan karier. (Foto: Thinkstock)

Menyusun to-do list dan mengatur jadwal saja tidak akan menjamin pekerjaan Anda bisa selesai sesuai dengan yang diharapkan. Karena untuk mendapatkan hasil yang baik, dibutuhkan konsentrasi dan fokus yang tinggi.

Selain fokus dengan tugas yang sedang dikerjakan, Anda juga harus bisa fokus menghadapi lingkungan di sekitar dan rekan-rekan kerja Anda yang lain. Jangan sampai Anda tidak tahu kabar terkini hanya karena terlalu fokus dengan tugas.

5. Integritas

Integritas adalah hal paling penting yang wajib dimiliki dalam kehidupan dan di tempat kerja. Konsisten dalam melakukan sebuah tindakan atau mempertahankan prinsip diri sangat dibutuhkan dalam berkarier.

Sama halnya dengan bersikap jujur pada diri sendiri dan orang lain, yang juga bisa menjadi cara yang tepat untuk menunjukkan loyalitas Anda terhadap atasan ataupun perusahaan.

6. Dapat diandalkan

Antusias dan bekerja keras (Foto: Flippen Life)

Dalam dunia profesional, tidak akan ada yang mempekerjakan seseorang yang tidak dapat menyelesaikan tugas yang sudah dijanjikan.

Seorang karyawan harus bisa diandalkan dalam segala hal. Itulah pentingnya Anda harus memiliki berbagai macam skill atau mengalami perkembangan saat berkarier agar Anda bisa mengerjakan semua tugas yang diminta dan menyelesaikannya sesuai dengan keinginan atasan Anda.

7. Mudah disukai

Bekerja dalam sebuah tim tidak hanya membutuhkan kemampuan bekerja sama yang baik. Tetapi harus menunjukkan sikap yang baik juga. Bekerja dengan banyak orang bukanlah hal mudah, Anda harus bisa berkompromi dengan sikap-sikap dari rekan kerja tim meski Anda tidak menyukai mereka.

Anda bisa mengatasi hal tersebut dengan banyak tersenyum dan saling mengenal satu sama lain secara personal. Hal itu dibutuhkan untuk membangun kekompakan dan meningkatkan kinerja tim.

Apakah Anda termasuk perempuan karier yang sudah memiliki ciri-ciri di atas?

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.31