kumparan
21 Des 2018 16:15 WIB

Tips Kecantikan: 3 Cara agar Pori-pori Wajah Tampak Lebih Kecil

Ilustrasi wajah. (Foto: Thinkstock)
Permasalahan pori-pori yang terlihat besar memang bukan masalah kecantikan baru lagi bagi sebagian perempuan. Pori-pori besar memang bisa terjadi karena banyak hal. Mulai dari genetik, bertambah usia, pori-pori tersumbat, hingga jerawat yang sering dipencet.
ADVERTISEMENT
Pada dasarnya, pori-pori wajah tidak bisa mengecil. Dituturkan oleh Shari Marchbein, M.D., dokter kulit dari Amerika Serikat, pori-pori wajah bisa diibaratkan sebagai karet gelang.
“Anggaplah pori-pori Anda itu seperti karet gelang. Ia bisa melebar,” ujar dr. Shari seperti dikutip Cosmopolitan.
Untungnya, terdapat beberapa langkah yang sudah disetujui oleh pakar kecantikan untuk menyiasati agar pori-pori di wajah tampak lebih kecil. Apa saja?
1. Rajin Melakukan Eksfoliasi
Rajin eksfoliasi agar bebas dari masalah kulit (Foto: Thinkstock)
Dalam penjelasan dr. Shari, sel-sel kulit mati yang tidak terangkat sempurna akan menumpuk di dalam pori-pori sehingga bisa membuatnya terlihat lebih besar. Maka dari itu, cara paling mudah untuk membersihkan sel kulit mati tersebut adalah dengan melakukan eksfoliasi.
Jika kulit Anda adalah tipe yang mudah berjerawat, pilihlah skincare dengan kandungan hydroxy acid yang bisa menghilangkan minyak dan sel kulit mati. Otomatis, pori-pori pun terlihat lebih kecil.
ADVERTISEMENT
2. Menggunakan Produk yang Mengandung Lumpur dan Arang
Rekomendasi Clay Mask (Foto: Three, Loreal, Caudalie, innisfree, Lancome)
Untuk mengatasi permasalahan pori-pori besar, Anda bisa mengatasinya dengan membantu mengurangi produksi minyak. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah menggunakan produk dengan bahan dasar lumpur (Clay) dan arang (Charcoal).
Kedua produk ini berperan baik dalam mengangkat minyak di dalam pori-pori wajah. Tak hanya itu, dua komponen ini juga bisa menghilangkan bakteri membandel pada kulit.
3. Meningkatkan Produksi Kolagen
Ilustrasi perawatan wajah (Foto: dok. Thinkstock)
Kolagen atau protein yang membantu kulit terlihat kenyal ini sering ‘rusak’ seiring berjalannya waktu.
“Kolagen memperkuat lapisan dinding pori-pori wajah Anda, maka berusahalah untuk membuatnya tampak lebih ketat,” papar dr. Shari.
Anda bisa mendapatkan kolagen dengan perawatan microneedling (Treatment dengan menusukkan jarum-jarum kecil ke wajah yang berfungsi untuk memproduksi kolagen dan peremajaan kulit) dan low energy lasers.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan