kumparan
26 Jul 2018 17:31 WIB

Tips Kecantikan: 5 Manfaat Madu untuk Perawatan Kulit

Manfaat madu untuk wajah (Foto: dok.Thinkstock)
Madu dikenal sebagai cairan ajaib yang memiliki segudang manfaat, mulai dari kesehatan tubuh hingga kecantikan kulit.
ADVERTISEMENT
Tak heran banyak produk kecantikan yang menjadikan madu sebagai bahan dasarnya. Kandungan antioksidan dan antibakterial dalam madu dipercaya bermanfaat untuk perawatan kecantikan kulit.
Ingin tahu bagaimana madu dapat bermanfaat bagi ritual kecantikan Anda? Berikut 5 manfaat madu yang sangat berguna bagi kulit Anda.
1.Eksfoliasi kulit
Rajin eksfoliasi agar bebas dari masalah kulit (Foto: Thinkstock)
Madu adalah pembersih alami yang dapat membantu mengeksfolilasi kulit. Kadungan antioksidan, enzim, dan mineral ampuh untuk membersihkan serta menghidrasi kulit. Anda pun bisa mengaplikasikannya dengan mencampurnya dengan baking soda.
2.Merawat kulit jerawat
Ilustrasi jerawat. (Foto: Shutterstock)
Kandungan antifungal dan antibakteri pada madu dapat menghalau pemicu munculnya jerawat. Selain itu, kandungan anti-inflamasi yang ada di dalamnya juga dapat meminimalkan kemerahan serta iritasi. Cara menerapkan perawatan wajah alami ini pun amat mudah, cukup mengoleskannya pada bagian yang terkena jerawat atau komedo kemudian diamkan 15 hingga 20 menit saja kemudian bilas dengan air.
ADVERTISEMENT
3. Melembapkan bibir dan kulit
Rawat kulit dengan skincare (Foto: Dok. Thinkstock)
Madu dapat bertindak sebagai pelembab alami, karena molekul gula dapat menahan kandungan air pada kulit. Alhasil dapat menjaga kelembaban kulit dan bibir Anda yang kering.
4. Menghalau keriput
Menyamarkan Keriput (Foto: Thinkstock)
Madu terkenal dengan sifat alaminya yang antioksidan. Kandungan tersebut memainkan peran penting dalam melindungi kulit akibat paparan sinar ultraviolet.
5. Membersihkan komedo
Masker blackhead untuk komedo. (Foto: Thinkstock)
Enzim yang terkandung dalam madu bermanfaat untuk proses deep cleanse yang mampu membersihkan pori-pori secara tuntas. Selain itu kandungan antibakteri yang ada dalam madu juga dapat membantu kulit agar lebih bersih dari pembentukan komedo atau pun masalah kulit lainnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan