kumparan
4 Sep 2018 11:22 WIB

Tips Keuangan: 3 Cara Mudah untuk Melakukan Detoks Keuangan

Lakukan perencanaan keuangan (Foto: Unsplash)
Pada usia-usia produktif, keuangan menjadi hal penting yang harus Anda berikan perhatian lebih. Sebagian besar dari kita kerap melakukan sistem keuangan yang salah dan membuat kita terjebak dalam kehidupan paycheck-to-paycheck hanya karena tidak dapat menahan diri untuk membeli kopi di kafe atau memesan makanan secara online yang membuat biaya pengeluaran menjadi lebih besar.
ADVERTISEMENT
Dilansir dari situs Girlboss, money detox atau detoks keuangan dapat membantu Anda yang mengalami kesulitan untuk mengontrol keuangan dan menabung. Detoks keuangan ini sama sekali tidak dimaksudkan sebagai cara untuk menghukum diri sendiri atau indikasi bahwa membelanjakan uang itu buruk.
Tetapi dengan melakukan detoks keuangan, Anda bisa menyimpan uang lebih banyak dan memiliki gaya hidup yang lebih terkontrol. Untuk memudahkan Anda melakukannya, berikut ada tiga cara yang bisa Anda pelajari sebelum memutuskan untuk menjalani detoks keuangan.
1. Buat pengingat di kalender
Tandai kalendar untuk memudahkan Anda saat melakukan detoks keuangan (Foto: Unsplash)
Money detox atau detoks keuangan tidak sama dengan diet makanan. Jadi bisa dilakukan sesuai dengan jadwal Anda. Jika Anda ingin dampaknya langsung terasa, detoks keuangan bisa dilakukan dalam waktu tujuh hari berturut-turut. Tetapi Anda juga bisa memilih dua atau tiga kali dalam seminggu dalam kurun waktu satu bulan.
ADVERTISEMENT
Untuk memudahkan Anda mengingat jadwal detoks keuangan, buatlah penanda di kalender. Dengan begitu, Anda bisa menyiapkan segala kebutuhan di hari sebelumnya. Dan Anda juga bisa lebih mudah dalam menghitung pengeluaran.
2. Lakukan persiapan
Persiapkan bekal untuk makan siang di kantor untuk mengurangi pengeluaran saat melakukan detoks keuangan (Foto: Pixabay)
Setelah menentukan kapan akan melaksanakan detoks keuangan, kini saatnya Anda melakukan persiapan. Jika detoks keuangan akan dilakukan pada hari Senin, maka di hari Minggu Anda bisa menyiapkan bekal makan siang dan camilan untuk di kantor.
Apabila Anda biasa mengkonsumsi kopi, usahakan membawa kopi dari rumah untuk diseduh di kantor dan jangan lupa untuk membawa botol air sendiri yang nantinya bisa diisi ulang. Dua hal ini akan membantu Anda untuk mengurangi pengeluaran-pengeluaran kecil.
3. Tenangkan diri
Tips Berhemat saat Akhir Bulan (Foto: Unsplash)
Sebagai orang yang konsumtif, biasanya kita cenderung merasa stres jika membatasi diri dalam hal pengeluaran. Anda akan mengkhawatirkan banyak hal, seperti misalnya tidak dapat berkumpul dengan teman-teman atau memberikan treatment untuk diri sendiri.
ADVERTISEMENT
Padahal kegiatan ini tidak bertujuan untuk membatasi gaya hidup Anda, tetapi mengontrolnya agar tidak menyusahkan di kemudian hari. Detoks keuangan akan membantu Anda mengurangi pembelian-pembelian impulsif yang sebenarnya tidak perlu. Jika cara ini sudah diterapkan, Anda bisa menyiapkan satu hari khusus selama sebulan sekali untuk memberi reward atas pencapaian yang sudah Anda raih.
Apabila Anda serius dan fokus untuk melakukan detoks keuangan, Anda benar-benar dapat menghemat uang. Jika sudah terbiasa dan terlihat berapa banyak uang yang berhasil disimpan, maka Anda akan merasa detoks keuangan adalah sesuatu yang mudah dan seharusnya sejak dulu dilakukan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·