kumparan
15 Mar 2019 19:39 WIB

Tips Merawat Kesehatan Vagina

Ilustrasi kesehatan kewanitaan. Foto: Pixabay
Sebagai perempuan, penting hukumnya merawat dan menjaga kesehatan serta kebersihan organ kewanitaan. Hal ini akan berpengaruh pada kesuburan dan kehidupan seksual.
ADVERTISEMENT
Jika tidak rajin merawatnya, muncul masalah yang bisa menganggu kesehatan serta kenyamanan Anda. Salah satunya adalah keputihan.
Lantas bagaimana caranya merawat kesehatan vagina yan tepat? Berikut tipsnya dari dr. Rina Mufriyanti SpKK, agar organ kewanitaan Anda tetap bersih dan sehat.
1. Hindari wewangian
Ketika Anda memakai pantyliner atau pembalut, usahakan untuk tidak menggunakan yang mengandung parfum. Begitu juga dengan pemilihan tisu untuk mengeringkan vagina setelah buang air. Pilihlah tisu yang tidak memiliki wewangian karena parfum bisa memicu iritasi pada vagina, terutama yang sensitif.
2. Rajin mengganti celana dalam
Dalam sehari, usahakan mengganti celana dalam sebanyak 2 - 3 kali. Gunakan bahan yang menyerap keringat seperti katun. Serta hindari pemakaian celana yang terlalu ketat.
ADVERTISEMENT
3. Mencukur rambut halus di kewanitaan
Ada baiknya mencukur rambut halus di kewanitaan secara berkala. Tujuannya supaya kewanitaan Anda tetap bersih, sebab bulu di kewanitaan bisa menjadi sumber infeksi bakteri, jamur, ataupun parasit.
4. Mengganti pembalut dan pantyliner
Seringlah mengganti pembalut, terutama jika Anda tengah mengalami menstruasi dalam jumlah banyak. Pilih pembalut yang tidak mengandung parfum.
Begitu juga saat menggunakan pantyliner, jangan menggunakan pantyliner yang mengandung wewangian. Sering-seringlah menggantinya terutama setelah buang air kecil atau air besar.
5. Hindari vaginal douche
Vaginal douche merupakan cara menyemprot kewanitaan melalui selang khusus. Dengan menggunakannya bisa membersihkan sampai ke leher vagina. Tetapi cara ini sudah dilarang oleh para spesialis kelamin.
ADVERTISEMENT
6. Setia pada pasangan
Tidak disarankan untuk bergonta-ganti pasangan seks. Baiknya Anda hanya melakukan hubungan seks pada pasangan sah untuk menghindari penyakit menular seksual.
7. Membersihkan vagina usai buang air
Sesudah buang air, ada baiknya jika Anda mengeringkan vagina. Keringkan dengan handuk dan tisu lembut serta tidak mengandung parfum, lalu keringkan dari arah depan ke belakang, bukan arah sebaliknya. Jika dilakukaun arah sebaliknya, hal itu bisa memindahkan bakteri dari anus ke vagina.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan