Pencarian populer

Tips Traveling ala Dokter Ratna si Penjelajah Bersepeda

Ratna dan Patrick Pöndl Berkeliling Amerika (Foto: Dok. Patrick Pöndl)

Ratna Sari Intan bukan dokter biasa. Selain keliling benua Amerika, ia juga pernah mengunjungi Fiji, Namibia, Maroko, Malaysia, Singapura, Thailand, Nepal, Maladewa, Pakistan, Jerman, Austria, Belanda, Prancis, Inggris, Italia, Vatikan, Spanyol, Norwegia, Swedia, Denmark, Finlandia, Swiss, Lituania, hingga Slowakia.

Oh, wow! Bisa dibilang, dokter spesialis penyakit dalam asal Jakarta itu sudah pernah mengunjungi semua benua di bumi ini, kecuali Antartika.

Ratna yang sejak kecil telah terbiasa hidup berpindah-pindah tempat itu meyakini, pengalaman lebih penting daripada harta. Oleh sebab itu sejak lulus kuliah dan bekerja di Jerman, ia mulai giat menabung untuk membiayai petualangannya, alih-alih membeli barang-barang mahal.

Dengan murah hati, Ratna yang pernah bepergian ke banyak negara itu berbagi sejumlah tips traveling. Pertama, soal mengelola keuangan selama perjalanan.

Selama bertualang mengelilingi benua Amerika dengan bersepeda bersama suaminya, warga negara Jerman bernama Patrick Pondl, Ratna mengaku berusaha berhemat semaksimal mungkin.

Dalam perjalanan, ia pernah beberapa kali ditawari untuk tinggal di rumah penduduk setempat dan diberi makanan oleh mereka.

“Di internet ada website Warmshowers.org atau Couchsurfing.com di mana kita bisa tinggal dengan penduduk lokal. Di Amerika Latin kita juga bisa camping di sekolah, gedung pertemuan, gereja, (gedung) firefighter (pemadam kebakaran), atau di rumah penduduk setempat,” kata Ratna.

Dokter Ratna Berkeliling Amerika dengan Sepeda (Foto: Dok. Patrick Pöndl)

Kedua, soal cara untuk mempelajari budaya masyarakat setempat. Ratna yang menguasai bahasa Inggris, Jerman, dan Spanyol dasar itu menganjurkan para traveler untuk berbaur dengan warga setempat ketika bepergian.

Menurutnya, “Cara paling efisien untuk mempelajari budaya setempat yaitu meluangkan waktu, tinggal beberapa hari dengan penduduk lokal. (Sebab) melalui mereka kita bisa mendapat pengetahuan mengenai budaya lokal.”

Ketiga, tentang cara menjaga kesehatan selama traveling. Bagi Ratna, menjaga kebersihan adalah sebuah keharusan.

“Saya menjaga higienis selama perjalanan: cuci tangan setelah buang air kecil atau besar dan sebelum makan, makan buah yang ada kulitnya, sikat gigi dengan air bersih,” ujar Ratna.

Khusus untuk bertualang ke Benua Amerika, Ratna memberi trivia bahwa negara yang berpenduduk paling ramah adalah Kolombia. Sementara negara yang paling sulit diakses adalah Venezuela karena saat ini negara tersebut sedang dilanda krisis ekonomi dan sosial yang parah.

Dengan semakin banyaknya pengalaman mengunjungi banyak tempat dan orang, semakin banyak pula jawaban dan pertanyaan yang muncul di benak Ratna.

Sebagai seorang traveler, Ratna yang berkeinginan bersepeda mengelilingi Indonesia di lain kesempatan, juga memiliki sebuah pertanyaan untuk para traveler lain.

“Apakah traveler lain pernah merasa jemu dalam perjalanan dan hanya ingin menetap di suatu tempat?”

Selain kepada sesama traveler, Ratna juga ingin mengajukan pertanyaan kepada orang-orang yang tak tertarik bepergian alias memilih menetap di suatu tempat saja.

Pertanyaannya adalah, “Umur manusia itu berbeda-beda, ada yang dianugerahi umur panjang, namun ada juga yang meninggal muda. Kita sebagai manusia hanya dapat memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. Mengetahui hal ini, setiap orang pasti punya impian yang ingin mereka lakukan setidaknya sekali seumur hidup. Impian apa yang ingin anda lakukan sekali seumur hidup?”

Anda yang berkenan menjawab pertanyaan Dokter Ratna dapat mengisi kolom komentar di bawah, atau berbagi cerita versi diri sendiri via akun kumparan anda.

Di akhir perbincangan bersama kumparan, Ratna yang saat ini berada di Bolivia berucap terima kasih karena bisa berbagi cerita dengan banyak orang. Ia juga bertitip pesan, siapa pun yang ingin mengetahui lebih lanjut cerita perjalanannya, dapat membuka akun Instagram dan Facebook HikeBiketheWorld.

Jadi, adakah di antara anda yang ingin menyusul jejak Dokter Ratna?

Dengan Suami, Ratna Berkeliling Amerika (Foto: Dok. Patrick Pöndl)

Twenty years from now you will be more disappointed by the things you didn't do than the ones you did do. So throw off the bowlines. Sail away from the safe harbour. Catch the trade winds in your sails. Explore. Dream. Discover.

- Mark Twain

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.22