kumparan
26 Jun 2017 9:20 WIB

Video: Semarak Perayaan Lebaran

Video
Idul Fitri ramai dirayakan dengan beragam tradisi.
Salah satu yang menjadi ciri khas adalah mudik. Lebaran menjadi momen yang tepat untuk pulang kampung bagi para perantau, berkumpul kembali bersama keluarga, dan berlibur. Tradisi yang dikenal sejak lama ini makin ramai terjadi sejak 1970, seiring sejalan dengan gelombang urbanisasi ke Jakarta dan kota-kota besar lain.
ADVERTISEMENT
Persiapan infrastruktur, sarana, dan prasarana mudik pun menjadi agenda nasional rutin setiap tahun. Untuk tahun ini, gelombang pemudik meningkat sekitar 7 persen dibanding tahun lalu, dengan total 27,7 juta pemudik dengan angkutan umum ataupun angkutan pribadi.
Tradisi lebaran lain yang hampir terjadi di berbagai daerah di nusantara adalah pawai bedug atau takbir keliling. Takbiran biasanya ramai diikuti oleh anak-anak juga, dengan bedug yang dihias sedemikian rupa, lalu diarak berkeliling kampung. Di beberapa daerah, takbiran dirayakan dengan cara lebih unik dan meriah.
Takbir, menyebut kebesaran Tuhan, memiliki dimensi teologis dan sosial. Dalam takbir, kita melisankan dan menggemakan kebesaran Tuhan. Jika diresapi, maka takbir menjadi pengakuan bahwa manusia hanyalah makhluk yang kecil dan tak berdaya di hadapan Tuhan. Dalam takbir, kita diingatkan agar tidak takabur.
ADVERTISEMENT
Di momen hari raya, hampir setiap daerah juga memiliki tradisi ziarah kubur. Mengunjungi makam leluhur dan keluarga kemudian mendoakannya. Ziarah, yang memiliki banyak nama lain di berbagai daerah, menjadi salah satu momen yang mengingatkan kita akan kehidupan setelah dunia.
Salah satu keunikan tradisi hari raya Idul Fitri dimiliki oleh Pontianak, yakni pelaksanaan Festival Meriam Karbit.
Festival Meriam Karbit terkait erat dengan berdirinya kota Pontianak. Menurut sejarah, lahirnya nama kota yang menjadi ibu kota Kalimantan Barat ini terkait dengan hantu kuntilanak. Kala itu, Syarif Abdurrahman Alkadrie, raja pertama Pontianak, diganggu oleh banyak hantu ketika hendak membuka lahan di sana. Untuk mengusir hantu, raja memerintahkan pasukannya untuk mengusir hantu dengan menggunakan meriam.
ADVERTISEMENT
Festival Meriam Karbit dilaksanakan minggu lalu di pinggir Sungai Kapuas dengan 259 meriam karbit dari 44 kelompok. Jika kamu tertarik, tahun depan mungkin kamu bisa menikmati kemeriahan festival yang hanya ada di Pontianak ini.
Jika kemeriahan Idul Fitri selalu terasa pada tanggal 1 Syawal, maka di Lombok dan beberapa daerah di Jawa, lebaran lebih ramai dilaksanakan pada tanggal 8 Syawal. Lebaran Topat atau Lebaran Ketupat ini dilaksanakan seminggu setelah pelaksanaan puasa sunah 6 hari bulan syawal.
Tradisi yang dihasilkan dari akulturasi budaya ini, menurut cerita, diperkenalkan pertama kali oleh Sunan Kalijaga.
Tradisi lebaran apa yang ada di daerahmu?
Editor Video: Cornelius Bintang
Ramai-ramai Merayakan Lebaran (Foto: Cornelius Bintang/kumparan)
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·