'12345' hingga 'Liverpool' Jadi Password yang Paling Sering Diretas

23 April 2019 7:15 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi Hacker Foto: Thinkstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Hacker Foto: Thinkstock
ADVERTISEMENT
Keamanan dunia siber saat ini sedang menjadi sorotan di seluruh dunia. Para pengguna diimbau untuk mampu menjaga akun-akun mereka di dunia maya dengan menerapkan password yang tidak mudah ditebak oleh peretas.
ADVERTISEMENT
Namun, nyatanya masih banyak orang yang bingung ingin membuat password apa. Dan pada akhirnya, mereka memilih untuk menetapkan password yang sangat sederhana.
Nama anggota keluarga, tanggal lahir, atau nomor kesukaan menjadi password yang banyak dipilih. Sebuah survei yang dilakukan oleh National Cyber Security Center (NCSC) di Inggris menemukan banyak pengguna internet tidak tahu cara terbaik untuk melindungi diri dari kejahatan dunia maya. Khususnya dalam menentukan password akun mereka.
Sebanyak 42 persen responden mengaku tidak tahu bagaimana cara mengamankan akun mereka di internet. Hanya 15 persen dari 2.500 responden survei yang mengerti dan waspada akan bahaya kejahatan internet.
Tidak hanya itu, kurang dari setengah total responden mengatakan, mereka tidak selalu menggunakan kata sandi yang kuat dan berbeda untuk akun mereka.
Ilustrasi keamanan siber. Foto: TheDigitalWay via Pixabay
ADVERTISEMENT
Macam-macam password yang mudah ditebak
Dari hasil survei itu juga ditemukan, kata sandi "12345", "123456789" dan "qwerty" menjadi password yang paling banyak sering diretas. Kata "password" dan "1111111" juga merupakan lima kata sandi teratas yang paling sering diretas.
Tidak hanya angka, terkadang banyak orang yang menggunakan nama seseorang, hingga tokoh favorit untuk dipakai sebagai password yang mudah ditebak.
Misalnya saja, nama Ashley dinyatakan menjadi nama paling umum yang digunakan sebagai password, diikuti oleh Michael, Daniel, Jessica, dan Charlie.
Selain itu, Liverpool menjadi tim sepak bola yang paling umum digunakan sebagai password. Chelsea, Arsenal, ManUtd, dan Everton juga masuk dalam lima besar nama tim sepak bola yang paling banyak dipakai sebagai password.
Jersi kandang Liverpool untuk musim 2019/20. Foto: Twitter: Liverpool
Dari sisi musisi, nama-nama seperti band Blink-182, 50 Cent, Eminem, Metallica, hingga Slipknot, menjadi yang paling sering dipilih menjadi password para responden.
ADVERTISEMENT
Bukan hanya tim sepak bola dan musisi, ditemukan juga ada kebiasaan jika pengguna internet menggunakan nama karakter fiksi sebagai password mereka. Karakter yang paling populer digunakan menjadi password adalah Superman, Naruto, Pokemon, hingga Batman.
Ilustrasi keamanan siber. Foto: pixelcreatures via Pixabay
Melihat hasil temuan ini, NCSC berharap pengguna internet dapat lebih menyadari pentingnya keamanan akun mereka di dunia internet dengan memilih password yang tepat. Mereka juga menyarankan agar tidak memilih password yang sama untuk banyak akun.
“Penggunaan kembali kata sandi adalah risiko besar yang harus dihindari, jangan melindungi data sensitif Anda dengan sesuatu yang dapat ditebak, seperti nama depan, tim sepak bola lokal, atau band favorit," kata Direktur Teknis NCSC, Dr Ian Levy, dilansir The Independent.
Levy menyarankan pengguna untuk membuat password dengan kata-kata yang berkesan, tapi mudah diingat.
com-Ilustrasi Kejahatan Siber Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT