Pencarian populer

5 Bahaya Kuis Chatting WhatsApp 'Nasihat Ibu Susi' di Facebook

Kuis 'Nasihat Ibu Susi' di Facebook. (Foto: Screenshot Facebook)

Kita semua patut mempertanyakan faedah dari kuis iseng dan lucu-lucuan yang ada di Facebook. Kalau mau lebih dalam dari pada itu, kamu juga patut mempertanyakan keamanan data pribadi jika ikutan kuis itu.

Tidak terkecuali kuis lucu-lucuan bertajuk "Nasihat Ibu Susi" yang kini ramai dimainkan pengguna Facebook di Indonesia. Kuis yang dikembangkan oleh MeowShare ini memang shareable, karena menampilkan konten yang membuat kamu seolah-olah sedang melakukan percakapan WhatsApp dengan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Susi Pidjiastuti.

Sesuai dengan nama kuisnya, percakapannya berisi nasihat Susi kepada pengguna, mulai dari kehidupan hingga percintaan. Tidak heran banyak pengguna menjajal kuis ini untuk sekadar lucu-lucuan.

Walau terlihat lucu dan shareable, namun di balik kuis "Nasihat Ibu Susi" ada bahaya yang mengancam pengguna Facebook.

1. Menyimpan Data Penting Pengguna Facebook

Seperti kuis Facebook lainnya, sebelum memulainya kamu bakal mendapatkan pemberitahuan mengenai kesediaan membagikan informasi seperti nama, foto profil, usia, gender, bahasa, negara asal, dan informasi publik lainnya kepada MeowShare, selaku pengembang kuis.

Jika kamu menyetujuinya, berarti MeowShare akan menyimpan semua informasi kamu tadi ke database mereka. Akan digunakan untuk apa data kamu tadi, itu hanya MeowShare dan Tuhan yang tahu jawabannya.

Kuis 'Nasihat Ibu Susi' di Facebook.. (Foto: Screenshot Facebook)

2. Data Profil Diperjual-belikan ke Pihak Lain

Kamu mungkin bersedia mengizinkan data kamu disimpan oleh MeowShare. Tetapi apakah kamu juga bersedia jika suatu saat data kamu itu diperjual-belikan ke pihak lain?

Informasi digital kamu adalah berlian bagi para pengiklan di dunia online. Profil kamu dihargai sangat tinggi oleh pengiklan dan mereka rela membayar tinggi untuk mendapatkan sebanyak mungkin informasi ini.

3. Berpotensi Jadi Pintu Masuk Virus atau Malware

Tidak hanya menyimpan data penting, pengguna secara tidak langsung juga terancam keamanannya karena kuis seperti ini mengundang jalan program jahat untuk masuk ke akun kamu atau bahkan ke komputer.

Bukan tidak mungkin jika suatu saat peretas memanfaatkan kuis tersebut dengan menyisipkan virus atau malware, dan mengambil alih akun atau komputer.

Kuis 'Nasihat Ibu Susi' di Facebook. (Foto: Screenshot Facebook)

4. Membahayakan Teman Facebook Kamu

Menurut pakar keamanan siber dari Vaksincom, Alfons Tanujaya, kamu secara tidak langsung bakal memberikan informasi dan akses teman Facebook yang memberikan komentar atau like di postingan kamu tentang 'Nasihat Ibu Susi kepada MeowShare.

Oleh karena itu, Alfons mengimbau agar pengguna Facebook tidak memberikan komentar atau like pada kuis apapun di luar MeowShare untuk menghindari diambilnya data kamu.

5. Diam-diam Ambil Untung Lewat Iklan

Alfons berkata Nasihat Ibu Susi dari MeowShare ini bukan seperti kuis Facebook pada umumnya, karena bentuk sejati layanan ini adalah pop-up yang telah dipersiapkan terlebih dahulu.

Keuntungan finansial yang didapat MeowShare dari fitur ini adalah iklan yang tampil setiap kali ada orang yang mengakses konten tersebut. MeowShare sengaja menggunakan sosok Susi yang populer sehingga mampu menjaring pengguna yang lebih banyak.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: