Pencarian populer

5 Smartphone Android Terbaik Harga Rp 1,5 Jutaan

Ponsel Asus Zenfone Live L1. (Foto: Bianda Ludwianto/kumparan)
Selain sebagai momen untuk memanen amal ibadah, ada satu hal unik lagi yang ditunggu banyak orang dari bulan suci Ramadhan: Tunjangan Hari Raya atau biasa kita singkat THR.
ADVERTISEMENT
Gaji tambahan tersebut membuat kita sedikit tergoda untuk belanja barang-barang baru, salah satunya smartphone.
Apalagi saat ini ramai smartphone berbanderol Rp 1,5 jutaan di pasar Indonesia, yang spesifikasi dan kemampuannya tak kalah hebat dengan ponsel seharga Rp 2 juta hingga Rp 3 juta.
Bagi kamu yang tengah cari ponsel Rp 1,5 jutaan, entah itu untuk pribadi atau keluarga, kumparan punya daftar 5 smartphone terbaik dengan rentang harga tersebut. Sudah pasti rekomendasi ponsel ini sudah resmi masuk Indonesia.
Berikut daftarnya!
1. Xiaomi Redmi 5A | Rp 1,1 Juta
Dengan uang sebesar Rp 1,1 juta, kamu sudah bisa membawa pulang Xiaomi Redmi 5A. Harga yang cukup menggiurkan mengingat kamu bakal mendapatkan spesifikasi yang cukup mumpuni.
ADVERTISEMENT
Bagaimana tidak, Redmi 5A dibekali cip prosesor Qualcomm Snapdragon 425, kapasitas RAM sebesar 2 GB, dan memori internal 16 GB. Ponsel memiliki ukuran layar 5 inci dengan resolusi 1280 x 720 pixel.
Xiaomi Redmi 5A edisi pink. (Foto: Xiaomi)
Sementara untuk sektor kameranya, Redmi 5A disematkan kamera belakang dengan resolusi 13 MP yang didukung teknologi PDAF (Phase Detection Autofocus). Sementara untuk kamera depannya memiliki resolusi 5 MP.
Redmi 5A berjalan di sistem operasi Android 7.1.2 Nougat dengan antarmuka MIUI 9.0, dengan dukungan baterai berkapasitas 3.000 mAh.
2. Asus Zenfone Live L1 | Rp 1,3 Juta
Tidak mau kalah dengan Xiaomi, Asus juga mengeluarkan ponsel seharga Rp 1 jutaan: Zenfone Live L1. Ponsel dengan layar 5,5 inci beresolusi 1440 x 720 pixel ini punya aspek rasio kekinian 18:9.
ADVERTISEMENT
Untuk dapur pacunya, Asus Zenfone Live L1 ditenagai cip prosesor Qualcomm Snapdragon 425 yang dilengkapi juga dengan pilihan kapasitas RAM 2 dan 3 GB, serta pilihan memori internal 16 dan 32 GB yang didukung slot MicroSD hingga 128 GB.
Ponsel Asus Zenfone Live L1. (Foto: Bianda Ludwianto/kumparan)
Asus menyematkan kamera utama dengan ukuran lensa 13 MP, fitur Phase Detection Autofocus (PDAF), dan lampu LED flash pada ponsel seharga Rp 1,3 juta ini. Sementara kamera depannya sendiri beresolusi 5 MP.
Kedua kamera pada Zenfone Live L1 dilengkapi fitur Portrait yang mampu menghasilkan gambar dengan efek bokeh yang kini sedang menjadi tren. Selain itu, kamera depan Zenfone Live L1 juga mampu mengidentifikasi wajah pengguna untuk membuka ponsel berkat fitur Face Unlock.
ADVERTISEMENT
3. Advan i6 | Rp 1,5 Juta
Vendor lokal Advan juga punya jagoan dalam meramaikan pasar smartphone harga Rp 1 jutaan di Indonesia, yaitu Advan i6. Sama seperti ponsel kekinian saat ini, ia punya desain layar penuh.
Advan i6 menyajikan layar IPS LCD dengan ukuran 5,5 inci HD dan memiliki aspek rasio 18:9. Ponsel ini ditopang baterai dengan kapasitas 3.300 mAh yang diklaim mampu bertahan 8 hingga 9 jam dalam pemakaian normal.
Sementara itu dari sektor kameranya, disematkan kamera belakang dengan resolusi 13 MP yang memiliki bukaan f/2.0 dan lampu LED Flash. Sedangkan untuk kamera depannya, Advan i6 disematkan kamera beresolusi 5 MP dengan dukungan LED Flash.
Ponsel Advan i6. (Foto: Bianda Ludwianto/kumparan)
Advan i6 membenamkan cip prosesor MediaTek MTK6750 di bagian dapur pacunya dan berjalan di sistem tampilan OS IDOS 7.2 berbasis Android Nougat 7.0. Performanya itu diperkuat dengan RAM sebesar 2 GB dan ruang penyimpanan 16 GB.
ADVERTISEMENT
Seperti di ponsel pendahulunya, sektor keamanan tidak perlu diragukan lagi di ponsel ini. Itu karena Advan i6 telah didukung beberapa fitur keamanan Advan Secure yang di dalamnya terdapat Super Applock, PIN, Anti Theft, Manual Shoot, Lock Mobile Phone, Destroy Data, Alarm Finder, hingga Send Message.
4. Samsung Galaxy J2 Pro | Rp 1,72 Juta
Pada awal tahun 2018, Samsung mengeluarkan smartphone entry-level Galaxy J2 Pro. Vendor asal Korea Selatan itu membanderol Galaxy J2 Pro dengan harga Rp 1,72 juta.
Samsung menyematkan prosesor Qualcomm Snapdragon 425 Quad-core 1,4 GHz sebagai dapur pacu Galaxy J2 Pro. Kemampuan tersebut didukung dengan RAM 1,5 GB dan memori internal 16 GB.
Samsung Galaxy J2 Pro (2018) (Foto: Samsung)
Jika kamu punya uang lebih, sekitar Rp 2 juta, kamu bisa mendapatkan Galaxy J2 Pro versi RAM 2 GB.
ADVERTISEMENT
Di sektor kamera, ponsel dengan layar berukuran 5 inci ini punya kamera depan 8 megapixel yang didukung bukaan lensa f/2.2. Sementara kamera depannya mendukung sensor 5 megapixel serta bukaan lensa yang sama f/2.2.
5. Nokia 2 | Rp 1,3 Juta
Jika kamu butuh smartphone dengan kapasitas daya baterai besar untuk mendukung aktivitas, Nokia 2 bisa menjadi pilihan.
Nokia 2 garapan HMD Global ini punya baterai 4.100 mAh. Ponsel diklaim mampu bertahan hidup dengan masa pemakian 2 hari hanya dengan sekali pengisian.
Ponsel Nokia 2. (Foto: Nokia)
Untuk dapur pacu Nokia 2, HMD Global mengandalkan cip prosesor Snapdragon 212 buatan Qualcomm yang mampu menyajikan pengalaman penggunaan lancar tanpa mengorbankan masa pakai baterai. Performanya didukung dengan RAM 1 GB dan memori internal 8 GB.
ADVERTISEMENT
Kamera utama Nokia 2 mengusung lensa 8 megapixel dan 5 megapixel untuk kamera selfie-nya.
Nokia 2 bisa kamu bawa pulang dengan harga Rp 1,3 juta.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80