kumparan
20 Des 2018 19:05 WIB

5 Startup Jebolan The NextDev dan Dampak Sosialnya

Ajang pencarian startup terbaik, The NextDev. (Foto: Bianda Ludwianto/kumparan)
Sejak tahun 2015, The NextDev terus menjadi sebuah ajang pencarian dan pengembangan startup teknologi terbaik Indonesia yang berdampak sosial bagi masyarakat. Pada tahun 2018 ini, tiga startup terbaik keluar menjadi pemenang The NextDev Talent Scouting yang berlangsung di tujuh kota. Ketiga startup tersebut adalah Fishgo, Garda Pangan, dan Hello Beauty.
ADVERTISEMENT
Tiga startup tersebut hanyalah sebagian kecil dari belasan startup terbaik yang muncul dari The NextDev selama tiga tahun terakhir, yang mampu memberikan dampak sosial nyata kepada masyarakat.
Dari banyaknya startup jebolan The NextDev yang memiliki dampak sosial nyata terhadap masyarakat, kumparan (kumparan.com) merangkum lima di antaranya. Mereka adalah Habibi Garden, Vestifarm, Growpal, Gandeng Tangan, dan Squline. Seperti apa proyek yang mereka jalankan dan bagaimana dampaknya pada masyarakat?
Habibi Garden
com-Logo Habibi Garden (Foto: The Nextdev)
Habibi Garden merupakan sebuah startup Internet of Things (IoT) yang dapat memberikan data terkini tentang kondisi tanah dan nutrisi dalam tanaman lewat smartphone yang Anda miliki. Dengan kata lain, startup ini memungkinkan Anda untuk "berkomunikasi" dengan tanaman, dengan tujuan untuk meningkatkan produktivitas, mengurangi biaya, dan mengurangi kemungkinan gagal panen.
ADVERTISEMENT
Habibi Garden merupakan startup pemenang di The NextDev 2016. Satu tahun kemudian, startup ini juga dinobatkan sebagai Evangelist The NextDev Academy. Hebatnya, pada tahun 2018 ini, Habibi Garden kembali meraih prestasi baru yang membanggakan: mereka dipilih sebagai Best of The Best Singtel Group Future Makers, dan People Choice Award Asia Pacific Investment Summit.
Vestifarm
com-Logo Vestifarm (Foto: The NextDev)
Vestifarm merupakan sebuah startup di bidang pertanian yang menawarkan sistem bagi hasil untuk petani dan investor. Jadi lewat aplikasi ini, Anda bisa membantu mendanai proyek budidaya petani dan ketika panen selesai, Anda bisa menikmati keuntungan dari dana yang disetorkan lewat sistem bagi hasil.
Startup yang telah berdiri sejak 2016 ini telah meraih beberapa prestasi seperti The Best UKM App of The NextDev 2016, Runner-up of Socio Digi Leader 2016, dan Regional Winner pada Asian Social Innovation Awards 2017.
ADVERTISEMENT
Growpal
com-Logo Growpal (Foto: The Nextdev)
Indonesia merupakan negara dengan potensi perikanan yang sangat besar. Melihat fakta tersebut, Growpal hadir sebagai sebuah startup yang bergerak dalam bidang investasi perikanan yang terintegrasi. Dengan Growpal, pemilik modal, pemilik lahan, pembudidaya ikan dan pembeli dapat dengan mudahnya berkolaborasi satu sama lain.
Growpal merupakan Evangelist atau pemenang dari The NextDev Academy 2017. Tidak hanya itu, startup ini juga merupakan bagian dari Indigo Telkom 2016, dan keluar sebagai pemenang dalam G Start-up Worldwide di tahun 2017 lalu.
Gandeng Tangan
com-Logo gandengtangan (Foto: The NextDev)
Gandeng Tangan merupakan sebuah startup yang dapat menghubungkan pemilik usaha mikro yang membutuhkan pembiayaan dengan para investor. Lewat aplikasi ini, kedua belah pihak akan mendapatkan sistem pendanaan yang aman dan transparan.
ADVERTISEMENT
Keluar sebagai pemenang The NextDev 2015 membuka jalan bagi Gandeng Tangan untuk masuk ke dunia startup Indonesia. Beragam prestasi pun telah didapat oleh Gandeng Tangan, mulai dari gelar Startup of The Year 2015 dari Indonesia Golden Ring Award, Top 2 Indonesian in Asean Impact Challenge, dan beberapa prestasi lainnya.
Squline
com-Logo Squline (Foto: The Nextdev)
Ingin mempelajari bahasa asing seperti Inggris, Jepang, hingga Mandarin? Belajar di Squline bisa menjadi pilihannya. Squline merupakan startup pembelajaran bahasa asing yang akan menghubungkan Anda langsung dengan guru dari negara asalnya. Karena berbasis online learning, Anda bisa memulai kursus kapanpun dan di manapun sesuai kebutuhan.
Squline merupakan startup pemenang di The NextDev 2017. Baru-baru ini, Squline juga menjadi Evangelist di The NextDev Academy 2018, serta finalis di Singtel Group Future Makers 2018.
ADVERTISEMENT
Lima dari belasan startup jebolan The NextDev ini merupakan bukti nyata bahwa ajang ini bukan hanya kompetisi startup semata, namun juga menjadi wadah yang baik untuk perkembangan perusahaan-perusahaan rintisan yang mampu memberikan dampak bagi kehidupan masyarakat Indonesia.
Melihat prestasi-prestasi yang sudah dicapai oleh kelima startup di atas, menarik untuk dinantikan bagaimana perkembangan dan perubahan yang dapat dihasilkan para jebolan The NextDev lainnya di masa depan.
Story ini merupakan bentuk kerja sama dengan The NextDev.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan