kumparan
4 Mei 2018 11:58 WIB

5 Tips Memotret Pakai Kamera Ganda AI Xiaomi Redmi Note 5

Ponsel Xiaomi Redmi Note 5. (Foto: Jofie Yordan/kumparan)
Belum lama ini, tepatnya 18 April 2018, Xiaomi resmi memboyong Redmi Note 5 ke Indonesia. Xiaomi Redmi Note 5 ini merupakan seri tertinggi dari varian Redmi yang beredar resmi di Tanah Air.
ADVERTISEMENT
Keunggulan Redmi Note 5 terletak di kemampuan fotografinya. Xiaomi bahkan mengklaim ponsel anyarnya ini sebagai "flagship dual-camera".
Kemampuan fotografi Redmi Note 5 didukung dengan kamera belakang ganda yang terdiri dari lensa 12 MP (f/1.9) dan 5 MP (f/2.0), serta punya fitur autofocus dan lampu LED flash. Sementara itu kamera depannya beresolusi 13 MP dan juga memiliki lampu flash.
Tidak hanya itu, sistem kamera Redmi Note 5 telah didukung teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), seperti AI Smart Beauty dan AI portrait mode untuk menampilkan foto dengan efek bokeh yang tampak lebih natural.
Tim kumparan (kumparan.com) berkesempatan menjajal kemampuan kameranya dan punya sedikit tips bagi kamu yang ingin memaksimalkan kamera cerdas Xiaomi Redmi Note 5.
ADVERTISEMENT
1. Latar belakang buram alias mode bokeh
Fitur ini sudah menjadi mutlak bagi smartphone yang memiliki kamera ganda. Beruntung Redmi Note 5 memudahkan pengguna membuat efek bokeh atau latar belakang objek foto tampak buram.
Ketika masuk di layar kamera, kamu langsung saja memilih potrait mode dibagian bawah. Kemudian untuk hasil yang maksimal, pastikan jarak objek fotomu sekitar 2 sampai 2,5 meter. Lalu atur fokus dari objek dengan menekan layar untuk bagian yang diinginkan menjadi fokus.
Ada hal yang perlu kamu perhatikan dalam pengambilan foto bokeh, yaitu intensitas cahaya. Pastikan kondisi cahaya di ruangan cukup agar hasil bokehnya maksimal. Itu mengapa ambil foto bokeh di outdoor lebih direkomendasikan dibanding di indoor.
Foto Bokeh Xiaomi Redmi Note 5. (Foto: Bianda Ludwianto/kumparan)
2. Potret foto low light pakai fitur HHT
ADVERTISEMENT
Salah satu keunggulan kamera Redmi Note 5 adalah memiliki piksel sensor yang besar 1.4 µm. Fungsinya untuk menghasilkan foto yang maksimal meskipun dalam kondisi cahaya yang minim.
Untuk mendukung kemampuan kamera tersebut, Redmi Note 5 memiliki fitur HHT mode. Fitur ini akan membantu mengambil beberapa gambar pada kondisi minim cahaya secara berurutan, kemudian menyelaraskan dan mengoptimalkan hasil gambar.
HHT bekerja menggunakan kecepatan yang lebih rendah dengan ISO yang disesuaikan secara otomatis. Untuk menggunakannya cukup buka layar kamera, pilih Mode, kemudian tekan HHT.
Tampilan mode kamera di Xiaomi Redmi Note 5. (Foto: Bianda Ludwianto/kumparan)
3. Foto simetris dengan mode Straighten
Banyak di antara pengguna smartphone merasa ragu apakah gambar yang akan kita potret sudah lurus atau tidak. Di Redmi Note 5 hal itu tidak perlu dikhawatirkan.
ADVERTISEMENT
Berkat mode Straighten, foto yang dihasilkan akan terlihat lurus atau simetris dan sesuai dengan keinginan kamu. Cara mengaktifkan fitur ini cukup buka layar kamera, pilih Mode, dan kemudian tekan Straighten.
Mode ini membuat layar kamera akan menampilkan sebuah kotak yang menjadi patokan untuk mengambil gambar secara lurus. Tapi jika kamu mau bereksperimen dengan angle yang berbeda kamu dapat menonaktifkannya.
Fitur Bokeh Xiaomi Redmi Note 5. (Foto: Bianda Ludwianto/kumparan)
4. Foto selfie apik dengan mode Beautify
Xiaomi Redmi Note 5 memiliki keunggulan dalam menghasilkan foto selfie, berkat teknologi AI Smart Beauty yang dimilikinya. Terdapat 10 objek pada wajah akan dipermak menjadi menawan oleh AI Smart Beauty.
Fitur ini bisa menghapus jerawat, mencerahkan mata, hingga membuat efek agar hidung terlihat mancung. Cara kerja otomatis akan mengenali wajah pengguna jika fitur AI Smart Beauty diaktifkan. Terdapat lima tingkatan yang bisa diatur untuk memberi efek maksimal.
ADVERTISEMENT
Kamera depan Redmi Note 5 juga mendukung AI portrait mode yang bisa menghasilkan foto dengan efek bokeh sama dengan kamera belakang.
Fitur AI Smart Beauty di Xiaomi Redmi Note 5. (Foto: Bianda Ludwianto/kumparan)
5. Atur Contrast dan Saturation biar dapet foto kece
Kamera Redmi Note 5 juga memungkinan penggunanya untuk mengatur tingkat Contrast dan Saturation sesuai keinginan. Tujuannya agar mendapatkan ketajaman dan warna yang baik saat pengambilan foto.
Kamu juga bisa mengatur keduanya sesuai keinginan dan kebutuhanmu, apakah butuh pengaturan rendah atau tinggi. Semua bergantung situasi dan kondisi pengambilan foto, seperti situasi indoor atau outdoor.
Itu dia lima tips dan trik yang bisa kamu coba pada kamera Redmi Note 5. Smartphone ini sendiri dijual dengan harga Rp 2,5 juta varian 3GB/32GB dan Rp 3 juta varian 4GB/64GB. Xiaomi Redmi Note 5 tersedia dalam tiga pilihan warna: Blue, Gold, dan Black.
Hasil Foto Xiaomi Redmi Note 5. (Foto: Bianda Ludwianto/kumparan)
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·