Pencarian populer

7 Benda Keren Ini Dibangun dengan Bahan Dasar Kardus

Mobil dan sepeda dari kardus. (Foto: Berbagai Sumber)

Untuk bisa menciptakan hasil karya yang unik serta inovatif membutuhkan kreativitas yang tinggi dan biasanya perkakas canggih untuk hasil yang sempurna dan detail. Tapi tak sedikit seniman yang mampu menciptakan benda-benda keren dengan bahan dasar kardus.

Meski dijual murah dan sering dianggap sampah, ternyata kardus bisa dibentuk menjadi benda-benda yang inovatif sekaligus canggih. Tak sedikit seniman yang mampu menciptakan mesin-mesin canggih dengan kardus sebagai bahan utamanya.

Lalu, seperti apa kreasi unik yang bisa dibuat dengan kardus? Berikut di antaranya.

1. MechDaddy

Terinspirasi dari sebuah game bertemakan robot, MechDaddy adalah kostum robot yang berbahan dasar kardus. Penciptanya Ryan Bowen membuatnya untuk kostum Halloween bayi laki-lakinya, Geraint.

Robot tersebut tampak kokoh dan besar. Di dalam gambar, tampak Geraint di jendela kostum yang berada di bagian dada robot. Ternyata, sang ayah berada di dalam tubuh kostum untuk mengendalikan robot tersebut.

Dengan senjata yang tampak realistis dan tubuh kardus yang dilapisi dengan pipa PVC untuk menambah stabilitas, Ryan yakin kalau kostum ini akan awet hingga bertahun-tahun, bahkan hingga Geraint memiliki anak.

2. Sepeda Kardus

Cardboard Bike karya Izhar Gafni (Foto: cardboardtech.com)

Pebisnis asal Israel bernama Izhar Gafni berhasil menciptakan sepeda yang memiliki bahan dasar kardus. Meski terbuat dari karton, Gafni berhasil menciptakan sepeda yang mampu menahan beban pengendaranya.

Bersama temannya Nimrod Elmish, mereka merancang dan menjadikan kardus sebagai bahan utama dalam pembuatan sepeda kardus ramah lingkungan yang bisa didaur ulang dan hanya memerlukan biaya yang cukup murah.

Karya sepeda kardus ini dijual di toko-toko dengan harga 20 dolar AS atau setara Rp 290 ribu. Mereka hanya membutuhkan waktu selama satu setengah tahun untuk menyempurnakan sepeda kardus ini.

3. Mesin Gambar dari Kardus

Bisa dikatakan ini adalah produksi mesin berbahan dasar kardus yang paling spektakuler. Penciptanya Niklas Roy asal Jerman membuat seni ini saat ia sedang menjadi pengajar di kelar workshop mesin kardus.

Roy sendiri adalah seorang guru di Sekolah Seni dan Desain di Offenbach, Jerman. Plotter alias printer grafik untuk mencetak gambar dikendalikan oleh sepasang tombol penyetel yang bisa mengarahkan secara vertikal dan horizontal.

Ada juga tombol untuk mengendalikan ketebalan tinta dan bisa juga untuk mengangkat dan menurunkan pena agar pelukis bisa membuat garis putus-putus.

4. Mobil Origami

Dalam rangka merayakan keterampilan seseorang dalam seni melipat kertas, perusahaan mobil mewah Lexus menyajikan replika sedan terbaru IS yang terbuat dari karton atau kardus.

Origami mobil tersebut terbentuk dari 1.700 karton kardus yang dipotong dengan menggunakan laser pemotong kertas. Pembuatannya juga melibatkan lima perancang profesional yang mengerjalan dalam waktu tiga bulan.

Mobil bisa bergerak hingga dengan kecepatan tinggi dibantu dengan tenaga listrik. Secara model, mobil origami ini tampak sangat keren dan bisa beroperasi dengan baik, sayangnya tidak bisa dikendarai saat hujan.

5. Robot Tangan

Robot tangan berbahan dasar kardus ini berhasil memenangkan hadiah pertama dalam kompetisi Cardboard Contest pada tahun lalu setelah menghadapi persaingan yang begitu ketat.

Membuat teknologi dengan badan mesin kardus memang cukup rumit, namun dengan menggunakan hidraulika, robot lengan ini bisa diciptakan. Pencipta menggunakan serangkaian jarum suntik untuk menaik-turunkan sendi pada robot tangan itu.

6. Jembatan Kardus

Paper Bridge karya Shigeru Ban (Foto: shigerubanarchitects.com)

Kita tidak pernah tahu jika kardus adalah salah satu benda yang kokoh, bahkan ada jembatan yang terbuat dari kardus. Jembatan tersebut diciptakan oleh seorang arsitek Jepang bernama Shigeru Ban.

Jembatan rancangannya berada di Prancis tepatnya di atas sungai Gardon. Dirakit dari 281 tabung kardus, jembatan ini memiliki kekuatan untuk menopang sebanyak 20 orang secara bersamaan.

7. Game 'Super Mario Bros'

Berbeda dengan Nintendo Labo yang menggunakan Joy-Con sebagai controller, seluruh bahan pada game 'Super Mario Bros' ini menggunakan kardus.

Untuk memainkannya, terdapat konsol kardus yang digunakan dengan cara menggeser ke kiri dan ke kanan.

Sata Production mengembangkan versi magnetis sehingga meski terbuat dari kardus, pemain tetap bisa memainkan seluruh rangkaian video game, hanya saja versi ini lebih terbatas gameplay-nya dibandingkan dengan 'Super Mario Odyssey'.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: