Pencarian populer

Ada #UninstallJokowi dalam Perang Tagar Uninstall dan Dukung Bukalapak

Presiden Joko Widodo. Foto: Dok. Biro Pers Setpres

Perang tagar antara #UninstallBukalapak melawan #DukungBukalapak ramai sekali di hari Jumat (15/2) ini, setelah sang CEO Bukalapak, Achmad Zaky, mempublikasi data dana riset Indonesia yang kecil dan ia berharap dana ini bisa ditingkatkan di era pemerintah berikutnya. Di tengah perang itu, kemudian muncul tagar #UninstallJokowi.

Tagar #UninstallJokowi bukan cuma trending topic di Twitter kawasan Indonesia. Ia naik begitu cepat ke trending topic dunia atau worldwide.

Lembaga riset media sosial Drone Emprit mencatat, pertarungan tagar hari ini dimulai dari #UninstallBukalapak yang ditandingi oleh #DukungBukalapak. Mereka sempat kejar-kejaran, dan belakangan #DukungBukalapak lebih unggul.

Tagar #DukungBukalapak terpantau hilang lebih dulu dari daftar trending topic pada pukul 09.37. Dilanjutkan oleh #UninstallBukalapak yang juga tak terlihat. Pendiri sekaligus CEO Drone Emprit, Ismail Fahmi, mencatat, walau kedua tagar ini hilang dari daftar tetapi tingkat mention-nya masih sangat besar.

Dia mencatat ada tagar baru yang coba ikut dalam perang ini, yaitu #UninstallJokowi, dan merangkak naik pada pukul 10.23 WIB.

Ismail mencatat tagar ini memanjat cepat di siang hari ketika waktu solat Jumat, bahkan kecepatan twitnya mampu menggilas dua tagar lain yang sebelumnya bertarung. Dia bilang interaction rate untuk tagar ini ternyata cukup tinggi, sama seperti dua tagar sebelumnya.

Sejumlah akun yang me-mention tagar #UninstallJokowi lalu mendapatkan banyak reaksi dari pengguna, menurut Ismail, adalah akun @maspiyuuu, @putrabanten80, @RajaPurwa, @MbahUyok, @mpuanon, @zarazettirazr, sampai akun resmi Partai Gerindra.

Berdasarkan data yang diberi Ismail ke kumparan, terlihat isi twit orang-orang yang memakai tagar #UninstallJokowi adalah mereka yang mendukung pasangan calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto.

Data jumlah mention kata kunci atau tagar yang jadi trending topic di Twitter pada Jumat, 15 Februari 2019 Foto: Drone Emprit

#UninstallJokowi kemudian masuk dalam daftar trending topic dunia. Jumlah kicauan akun yang me-mention tagar ini pada pukul 17.00 WIB mencapai 95.746, walaupun terpantau semua perang tagar ini mengendur setelah waktu Jumatan.

Berdasarkan analisis Drone Emprit, Ismail berkata interaction rate tagar ini cukup bagus dan trennya stabil. "Engagement yang bersifat natural," katanya.

Sampai berita ini ditayangkan, tagar #UninstallJokowi masih berada di daftar trending topic, sementara dua tagar lain telah hilang atau invisible.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: