Pencarian populer

Alasan Instagram Tidak Lagi Tampilkan Linimasa Sesuai Urutan Waktu

Aplikasi Instagram. (Foto: Reem Baeshen/Reuters)
Instagram saat ini menampilkan linimasanya secara tak berurutan berdasarkan waktu upload, melainkan berdasarkan beberapa faktor seperti minat dan kedekatan pengguna terhadap pengguna lain.
ADVERTISEMENT
Meski sudah lama Instagram menggunakan algoritma ini, tapi banyak pengguna yang masih protes dengan langkah tersebut dan menginginkan algoritma linimasa Instagram yang lama, yaitu tampilan linimasa yang berurutan berdasarkan waktu upload-nya.
Instagram mengungkap bahwa hingga saat ini pihaknya belum mempertimbangkan untuk mengembalikan konten linimasa untuk ditampilkan berdasarkan urutan waktu atau kronologis karena mengklaim versi tersebut justru menyulitkan pengguna.
"Instagram saat ini belum mempertimbangkan pilihan untuk mengganti algoritma linimasa secara kronologis seperti semula karena kami tidak ingin menambah kerumitan (pengguna mungkin saja lupa mereka telah melihat postingan mana saja)," tulis Instagram, seperti dilansir Ubergizmo.
Aplikasi jejaring sosial, Instagram. (Foto: Charles Platiau/Reuters)
Meski begitu, Instagram mengatakan bahwa pihaknya akan terus menyesuaikan dengan pengguna yang tidak menyukai algoritma, namun belum tahu bagaimana upaya tersebut akan direalisasikan.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya, Instagram juga pernah berjanji akan mengambalikan tampilan linimasa kembali disajikan secara berurutan dengan memberikan tombol pilihan untuk melihat postingan terbaru. Kabarnya fitur tersebut sudah dalam proses pengujian.
Hingga saat ini, Instagram masih memakai algoritma yang menampilkan konten linimasa berdasarkan perilaku pengguna, misalnya dari foto-foto yang disukai, hubungan pertemanan, dan sebagainya.
Oleh karena itu, kamu akan melihat postingan teratas di linimasa Instagram dari orang yang paling sering berinteraksi denganmu.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86