Pencarian populer

Alasan Spotify Bikin Fitur Stories: Kena Tegur Vokalis Paramore

Platform streaming musik Spotify. Foto: Christian Hartmann/Reuters

Spotify baru saja mengumumkan bahwa platform-nya sedang menguji coba fitur mirip Instagram Stories bernama Storyline. Dengan fitur ini, para musisi bisa membagikan cerita yang menginspirasi dan detail mengenai karya mereka.

Fitur ini hampir mirip dengan Behind the Lyrics alias arti dari sebuah lirik lagu di Spotify. Bedanya, Behind the Lyrics menampilkan informasi yang berasal dari Genius. Menurut laporan TechCrunch, informasi di fitur Behind the Lyrics yang berasal dari Genius itu sering kali tidak sahih.

Tak sedikit artis yang mengeluhkan soal informasi yang disajikan Genius tersebut. Manajemen salah satu band rock terkenal, Paramore, bahkan pernah melaporkan kesalahan informasi yang disajikan di platform itu. Namun, hingga 1 tahun lebih, keluhan tersebut tak kunjung dihiraukan.

Hingga akhirnya, sang vokalis Paramore, Hayley Williams, menegur Spotify karena fitur Behind the Lyrics jadi ikut-ikutan memberikan informasi yang salah soal lagunya. Ia melayangkan protesnya lewat Twitter dan menceritakan keluhannya.

“Sudah lebih dari satu tahun manajemen band saya minta kalian semua untuk take-down fakta-fakta yang salah tentang lirik lagu kami ‘Hard Times’,” keluhnya.

Band Paramore, Hayley Williams paling kanan. Foto: facebook.com/paramore/

Ternyata, itulah alasan kenapa Spotify mengembangkan fitur Storyline agar kesalahan serupa tidak terjadi lagi. Atau jika terjadi, pihak artis bisa langsung mengklarifikasi masalah kepada pendengar.

Cara kerja Storyline sendiri, kurang lebih sama seperti Stories pada Instagram. Kalau Behind the Lyrics muncul secara otomatis, Storyline tidak secara otomatis muncul ketika sebuah lagu dimainkan.

Pengguna bisa membaca berbagai informasi atau melewati bagian yang tidak menarik dengan cara mengetuk layar. Seperti Stories, pengguna juga bisa melihat berapa sisa Stories yang belum mereka buka.

Saat ini, Storyline sedang berada dalam tahap uji coba di platform Spotify untuk Android dan iOS. Uji coba ini hanya dilakukan di Amerika Serikat dan beberapa negara lain. Belum dipastikan juga kapan fitur ini akan secara resmi diluncurkan.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23