• 2

Anak Usaha LINE Mulai Jual Robot Virtual Cewek Hikari Azuma

Anak Usaha LINE Mulai Jual Robot Virtual Cewek Hikari Azuma


Gatebox 'Virtual Home Robot'

Gatebox 'Virtual Home Robot'. (Foto: Gatebox)
Anak perusahaan LINE yang mengembangkan teknologi asisten pribadi virtual, Gatebox Inc., kembali membuka penjualan produk virtual home robot yang memakai karakter perempuan bernama Hikari Azuma.
Produk Gatebox kali ini diberi kode nama GTBX-100, yang memungkinkan para pemiliknya berinteraksi dengan robot virtual tersebut. Ia dapat diajak bicara, menjawab pertanyaan soal cuaca, berita, dan informasi lain di Internet.
Keunggulan lainnya, robot virtual Hikari Azuma juga dapat bertindak sebagai remote control untuk perangkat elektronik yang ada di ruangan.
Tampilan karakter Hikari Azuma di GTBX-100 disebut Gatebox masih dalam versi pre-trial. Versi final dari Hikari Azuma rencananya mendapat pembaruan peranti lunak pada Desember 2018 dengan penambahan fitur yang membuatnya makin hidup.
Gatebox menggunakan teknologi proyeksi dan penginderaan untuk menciptakan karakter virtual yang interaktif di dalam boks.

Gatebox ‘Virtual Home Robot’

Gatebox ‘Virtual Home Robot’ (Foto: Gatebox)
Secara fisik, unit Gatebox kali ini telah disempurnakan bentuknya sehingga kini tingginya hanya seukuran lembar kertas A4. Di perangkat ini terdapat LAN nirkabel, Bluetooth, dan sensor infrared.
Gatebox menempatkan dua mikrofon di bagian atas untuk memungkinkan pemilik berbicara dalam jarak jauh dengan karakter Hikari Azuma. Ada pula komponen kamera dan detektor gerakan untuk mengenali wajah serta gerakan manusia, supaya Hikari Azuma dapat berkomunikasi aktif dengan pemilik, seperti tersenyum. Semua teknologi inilah yang diandalkan Gatebox agar Hikari Azuma dapat tersenyum ketika melihat wajah pemilik atau menyapa ketika pemiliknya pulang.

Gatebox ‘Virtual Home Robot’

Gatebox ‘Virtual Home Robot’ (Foto: Gatebox)
Sebelumnya, Gatebox telah menjual perangkat serupa (GTBX-1) di tahun 2016 sebanyak 300 unit dan terjual habis dalam sebulan dengan harga 300.000 yen Jepang atau sekitar Rp 38,7 juta. Ketika ada penambahan sebanyak 39 unit yang dijual di tahun 2017, perusahaan menerima sekitar 1.000 pesanan.
GTBX-100 kini dibanderol sebesar 150.000 yen Jepang atau sekitar Rp 19,5 juta (belum termasuk pajak) dan baru tersedia di Jepang saja. Gatebox menjanjikan produknya bakal dikirim ke konsumen pada bulan Oktober tahun ini.

TeknologiInovasiKecerdasan BuatanRobotLINE

presentation
500

Baca Lainnya