Pencarian populer

Apa Bedanya Instagram Stories dengan IGTV?

CEO Instagram, Kevin Systrom. (Foto: Instagram)
Instagram baru saja merilis platform anyar bernama IGTV. Ia adalah aplikasi yang berdiri sendiri, walaupun kontennya masih terintegrasi dengan aplikasi Instagram. Bedanya, IGTV didesain khusus untuk pengguna yang siap berkarya menciptakan video vertikal durasi panjang.
ADVERTISEMENT
Aplikasi Instagram itu sendiri masih memungkinkan pengguna untuk menikmati dan membuat konten IGTV. Pengguna cukup menekan ikon seperti TV yang ada di sebelah Direct Message (DM), maka akan muncul tampilan dari IGTV.
IGTV mengadaptasi konsep yang digunakan oleh YouTube. Pengguna dituntut untuk membuat channel dengan akun Instagram sebelum menggunggah konten video.
Jika dibandingkan dengan fitur Instagram Stories yang sudah hadir sejak 2016 lalu, IGTV jelas tampil beda. Keduanya memiliki perbedaan berdasarkan fungsinya dan tentu saja masa depan pengembangan produk yang berbeda pula.
Sejauh ini kita telah melihat sejumlah perbedaan di antara keduanya. kumparan pun turut merangkum perbedaan di antara keduanya dan kami telah menemukan setidaknya tujuh perbedaan dasar. Mari kita bahas satu per satu dan jika kamu melihat ada perbedaan lainnya, jangan ragu untuk memberitahu kami di kolom komentar.
Platform IGTV di Instagram. (Foto: Instagram)
1. Durasi video
ADVERTISEMENT
IGTV memungkinkan pengguna Instagram untuk membuat konten video berdurasi panjang sampai 60 menit atau 1 jam. Hal itu sebelumnya tidak bisa dilakukan di Instagram, termasuk melalui fitur Stories yang maksimal durasi video hanya 1 menit.
2. IGTV bisa lompati durasi video
Berhubung Stories (atau populer disebut IG Stories) tidak memuat durasi panjang, maka wajar saja jika tidak ada fitur untuk melompati durasi video. Hal ini berbeda dengan IGTV yang konten videonya disediakan fitur untuk melompati durasi.
Dari menit awal, kamu bisa langsung melompati durasi video IGTv hingga ke menit-menit akhir jika penasaran dengan cerita penutupnya. Ini bisa jadi solusi buat kamu yang tidak sabaran dalam melihat konten video.
ADVERTISEMENT
3. Masa tayang
Konten video yang tayang di akun atau channel IGTV tidak memiliki masa waktu tayang yang terbatas. Berbeda dengan IG Stories yang memiliki batas tayang selama 24 jam, namun pengguna bisa menyimpannya dengan memanfaatkan fitur Highlights dan Stories Archives.
Aplikasi Instagram. (Foto: Reem Baeshen/Reuters)
4. Edit video
Pengguna IG Stories bisa melakukan edit video sebelum kontennya dipublikasikan. Video bisa ditambahkan dengan teks ataupun stiker agar terlihat menarik.
Kemampuan tersebut sayangnya tidak dimiliki IGTV. Jika pengguna ingin mengedit video, maka itu harus dilakukan dengan aplikasi pihak ketiga. IGTV hanya dapat menggunggah video yang sudah jadi.
5. Fitur pendukung
Perbedaan lainnya antara Stories dan IGTV adalah fitur pendukung. IG Stories memiliki delapan fitur pendukung yang bisa membuat konten lebih menarik dan beragam.
ADVERTISEMENT
Fitur tersebut di antaranya Rewind, Focus, Superzoom, Boomerang, dan lainnya. Sementara di IGTV, belum ada fitur pendukung bawaan Instagram untuk meramaikan konten video yang diunggah.
6. Judul dan deskripsi
Jika pengguna mengunggah konten video di IGTV, mereka wajib mengisi judul dan deskripsi. Kondisi sama ketika upload video di YouTube.
Sementara di Instagram Stories, pengguna tidak diminta untuk mengisi judul dan dekskripsi.
7. Komentar video
Satu hal lagi yang membuat IGTV mirip dengan YouTube adalah komentar. IGTV menyediakan satu kolom untuk penonton memberikan komentar, termasuk melihat komentar pengguna lain.
Sementara IG Stories kolom komentarnya sedikit berbeda. Ketika pengguna mengomentari Stories teman, maka tulisannya akan masuk ke DM.
Di antara perbedaan yang ada, keduanya juga memiliki persamaan. Pengguna bisa like dan mengirim konten video kepada teman lewat Direct Message, baik itu di IG Stories dan IGTV. Selamat bersenang-senang dengan Instagram.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80