kumparan
21 Mar 2019 11:05 WIB

Apple Rilis Earphone Nirkabel AirPods Generasi 2, Harganya?

Earphone nirkabel dari Apple, AirPods 2. Foto: Apple
Apple secara mengejutkan mengumumkan generasi terbaru dari earphone wireless miliknya, AirPods. CEO Apple Tim Cook juga sudah memperkenalkan AirPods generasi kedua ini melalui akun Twitter-nya yang ramai dibicarakan karena menjadi meme.
ADVERTISEMENT
Terlepas dari keramaian meme itu, apa saja keunggulan dari AirPods 2 ini?
Apple nampaknya cukup serius mengembangkan AirPods 2 dengan menambahkan beberapa peningkatan, mulai dari casing wireless charging model baru, penggunaan chipset H1 yang diklaim lebih hemat daya baterai dan dukungan asisten virtual Siri tanpa harus menekan tombol.
Dari segi desain, AirPods generasi kedua terlihat hampir sama dengan model sebelumnya. Kecuali, penempatan lampu LED kecil pada casing wireless charging untuk menunjukkan masa pakai baterai.
Casing wireless charging milik AirPods 2 ini juga berfungsi sebagai tempat pengisian daya baterai Qi standar, sehingga dapat bekerja dengan wireless charging yang dijual di pasaran.
CEO Apple Tim Cook menggambar desain AirPods. Foto: Tim Cook/Twitter
Bagaimana dengan daya tahan baterainya?
Apple mengklaim dengan penggunaan prosesor H1 dapat menambah waktu hingga satu jam atau meningkat 50 persen dibanding AirPods pertama yang pakai chipset W1.
ADVERTISEMENT
H1 adalah prosesor buatan Apple yang pertama dalam jajaran baru chipset yang fokus pada perangkat earphone, setelah tidak lagi memakai chip seri-W yang telah dipinjam AirPods dari lini Apple Watch yang akan terus menggunakan prosesor seri-W di masa depan.
Earphone nirkabel dari Apple, AirPods 2. Foto: Apple
Selanjutnya soal kualitas suara, perangkat ini memiliki kejernihan microphone yang lebih baik, waktu koneksi dua kali lebih cepat ketika berpindah antar perangkat, serta dukungan Siri untuk semua perangkat Apple. AirPods 2 juga sudah dukungan teknologi Bluetooth 5.
Apple akan menjual AirPods 2 dengan dua varian, pertama dengan casing wireless baru seharga 199 dolar AS atau sekitar Rp 2,8 juta. Kedua, apabila membeli dengan casing standar maka harganya adalah 159 dolar AS atau sekitar Rp 2,2 juta.
ADVERTISEMENT
Apple juga akan menjual casing wireless charging untuk pemilik AirPods secara terpisah dengan harga Rp 1,1 juta. Dengan begitu, pengguna dapat mengisi daya AirPods lama mereka dengan pengisi daya nirkabel tanpa harus membeli AirPods 2.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan