kumparan
3 Jan 2019 14:07 WIB

Banyak Orang Indonesia Streaming Video dan Buka Medsos saat Tahun Baru

Ilustrasi media sosial (Foto: Pixabay)
Malam tahun baru jadi momen yang tidak bisa dilewatkan begitu saja oleh sebagian orang. Pada saat itu, banyak orang berkumpul dan menikmati hiburan untuk menunggu waktu pergantian tahun.
ADVERTISEMENT
Di saat momen ini pula, operator telekomunikasi meraih lonjakan trafik yang signifikan. Tercatat di malam pergantian tahun baru 2019, operator seluler Telkomsel, Indosat Ooredoo, dan XL Axiata, mengalami peningkatan trafik terutama di layanan data internet.
Penggunaan internet itu didominasi oleh trafik pada layanan pesan instan, media sosial, streaming video, dan gaming. Trafik telekomunikasi rata-rata operator seluler mencapai puncaknya pada malam pergantian tahun 2019.
Berikut pencapaian beberapa operator seluler saat momen Natal dan malam pergantian tahun baru 2019.
Telkomsel
Operator Telkomsel juga mengalami peningkatan trafik di malam pergantian tahun. Tercatat trafik layanan data mencapai 17,2 petabyte atau meningkat 21,3 persen dibandingkan rata-rata payload pada hari normal 2018. Jika dibandingkan dengan periode Tahun Baru 2017/2018, trafik layanan data kali ini melonjak 61,7 persen.
ADVERTISEMENT
Catatan Telkomsel lebih spesifik, mereka mendapatkan lonjakan trafik layanan data pada pelanggan yang banyak menyaksikan film atau video streaming mencapai 33,4 persen, pemanfaatan layanan data untuk aktivitas media sosial dengan kontribusi sebesar 32,5 persen, dan komunikasi berbasis teks, serta panggilan suara dan panggilan video melalui aplikasi pesan instan memberikan andil sekitar 17 persen.
“Tingginya peningkatan trafik layanan data antara lain dipicu oleh meningkatnya aktivitas pelanggan yang menggunakan layanan video streaming di smartphone atau komputer tablet saat pergantian tahun baru,” ungkap GM External Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin, dalam siaran pers.
Kartu SIM Telkomsel Simpati. (Foto: Telkomsel)
Selain data internet, layanan suara juga mengalami kenaikan sebesar 1,1 persen menjadi 1,3 miliar menit, hal yang sama juga terjadi dalam trafik layanan SMS yang mengalami kenaikan 13,1 persen menjadi 605,3 juta SMS. Wilayah dengan kenaikan trafik layanan data tertinggi adalah Jawa Tengah dan Yogyakarta dengan peningkatan 27,6 persen dibandingkan hari normal, diikuti Jawa Barat (26,8 persen) dan Sumatera Utara (24 persen).
ADVERTISEMENT
Indosat Ooredoo
Jaringan Indosat Ooredoo mencatat kenaikan trafik data cukup signifikan pada saat malam pergantian tahun yang mencapai 6.730 TeraBytes, atau meningkat sebesar 11,4 persen dibandingkan dengan trafik reguler hari biasa dan meningkat 71,7 persen dibanding trafik malam puncak tahun baru tahun sebelumnya.
“Tren penggunaan sosial media dan digital tetap menempati urutan teratas dalam kegiatan berkomunikasi pelanggan, sehingga trafik telekomunikasi data mencatat peningkatan tertinggi selama momen pergantian tahun baru,” kata Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo, Turina Farouk dalam siaran pers yang diterima kumparan, Kamis (2/1).
Indosat Ooredoo (Foto: Jofie Yordan/kumparan)
Trafik layanan SMS juga mengalami peningkatan sebesar 22,5 persen dibanding trafik reguler hari biasa. Berbeda dengan tren komunikasi data dan SMS, untuk trafik layanan suara mengalami penurunan sebesar 16,2 persen dibanding trafik reguler hari biasa.
ADVERTISEMENT
Kenaikan trafik ini mencapai puncak peningkatannya sekitar pukul 19.00 WIB hingga 02.00 WIB pada tanggal 1 Januari 2019. Wilayah yang mengalami peningkatan trafik data ini khususnya di berbagai daerah yang menjadi tujuan utama wisatawan dalam merayakan tahun baru, seperti Alun-Alun Bandung, Tugu Yogya, Simpang Lima Semarang, Alun-alun Kidul Solo, dan Pantai Losari Makassar.
XL Axiata
Libur Natal dan Tahun Baru 2019 menjadi berkah untuk operator XL Axiata. Terhitung mulai 23 Desember 2018 hingga 2 Januari 2019, secara rata-rata terjadi kenaikan trafik sekitar 83 persen dibandingkan hari-hari normal.
Jenis layanan data internet yang mengalami kenaikan trafik tertinggi ada pada akses ke layanan pesan instan, yaitu meningkat 540 persen dibandingkan hari-hari biasa.
ADVERTISEMENT
"Kenaikan trafik dari jenis-jenis layanan ini bisa terjadi karena aplikasi tersebut banyak digunakan untuk mengucapan Natal dan Tahun baru," ungkap Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya, dalam siaran persnya.
XL Axiata. (Foto: Bianda Ludwianto/kumparan)
Layanan lainnya yang mengalami kenaikan penggunaan secara signifikan dibandingkan hari-hari biasa adalah SNS (Social Networking Service) naik 125 persen dan gaming naik 122 Persen. Area yang mengalami kenaikan trafik tertinggi adalah Kabupaten Buleleng, Bali, sebesar 211 persen, kemudian disusul Kabupaten Deli Serdang dan Kota Medan.
Saat ini XL Axiata juga terus melakukan perluasan infrastruktur jaringan layanan data, sejalan dengan fokus perusahaan untuk terus mendorong perkembangan dan pertumbuhan penggunaan layanan data di masyarakat.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·