Bikin LINE Sticker Bisa Go International? Ini Dia Kisahnya!
10 May 2018 16:00 WIB
0
0
com-Melanie Setyowati Santosocom-Melanie Setyowati Santoso (Foto:Melanie Setyowati Santoso/Dokumentasi Pribadi)
Siapa yang menyangka kalau dari hal sekecil LINE Sticker wanita yang satu ini bisa go international. Ia adalah Melanie Setyowati Santoso atau yang lebih akrab disapa Mel, seorang kreator LINE Sticker.
Sejak masih duduk di bangku perguruan tinggi, Mel memang telah menunjukkan ketertarikan terhadap dunia desain. Maka dari itu, ia memilih untuk masuk ke jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV).
Walaupun sudah dekat dengan dunia desain sejak duduk di bangku kuliah, namun perkenalan Mel dengan LINE Sticker terbilang cukup unik.
"Jadi dulu aku sempat suka sama K-pop, terus buka-buka twitter dan ngeliat ada orang Korea yang buat sticker untuk LINE. Dari situ aku langsung nyoba-nyoba untuk buat LINE Sticker sendiri," cerita Mel kepada kumparan (kumparan.com) lewat sambungan telepon pada Selasa (8/5).
Berawal dari iseng-iseng, kini Mel berhasil menjadi salah satu kreator yang karyanya banyak diminati oleh pengguna LINE. Sebut saja sticker Milk & Mocha, I Love KPOP, Si Tengil, dan masih banyak sticker kreasi lainnya.
com-Sticker kreasi Melaniecom-Sticker kreasi Melanie (Foto:LINE Indonesia)
Kreasi Mel pun ternyata tak hanya diminati oleh pengguna Indonesia. Tanpa disangka, sticker buatannya diminta untuk rilis di beberapa negara seperti Thailand hingga Taiwan. Pencapaian ini pastinya merupakan sebuah kebanggaan bagi Mel. Apalagi, LINE Thailand sendiri yang berinisiatif untuk membawa stickernya ke negeri gajah putih tersebut.
"Pertama kali kaget, tapi yang pastinya seneng banget saat mendengar kabar tersebut. Apalagi saat tahu kalau itu merupakan inisiatif dari LINE Thailand. Pokoknya, merasa berterima kasih deh," ungkap wanita asal Surabaya ini.
Suksesnya LINE Sticker milik Mel bukan tanpa alasan. Sebab, wanita yang satu ini selalu memikirkan konsep yang matang untuk setiap sticker yang dibuatnya. Contohnya seperti sticker I Love KPOP yang ia buat saat demam K-pop sedang melanda Indonesia.
com-Sticker I Love KPOPcom-Sticker I Love KPOP (Foto:LINE Indonesia)
com-Sticker Milk & Mochacom-Sticker Milk & Mocha (Foto:LINE Indonesia)
"Buat sticker usahakan yang bagus dan semaksimal mungkin. Manfaatkan animasi, pintar membaca pasar agar kontennya tepat, rajin cari referensi misalnya dengan ngeliat sticker apa yang diminati pengguna. Pokoknya, kasih effort sebesar-besarnya," pesan Mel untuk para kreator yang baru.
Mel pun berpendapat kalau peluang untuk menjadi kreator LINE Sticker masih sangat luas. Maka dari itu, kesempatan masih sangat terbuka untuk para kreator baru asal mereka tidak mudah putus asa.
Ke depannya, kreator sticker Milk & Mocha ini tidak akan jalan di tempat saja. Ia berencana untuk mengembangkan karakter-karakter yang sudah ada, tetapi masih dalam ranah LINE Sticker.
"Rencananya aku mau bikin yang cute-cute, yang lebih lawak, dan enggak terbatas untuk pasar Indonesia saja, tetapi juga internasional."
Apakah kamu penggemar sticker-sticker lucu? Jangan lupa untuk download sticker kreasi Mel di LINE Store resmi, supaya stickernya tidak terhapus.
Story ini merupakan bentuk kerja sama dengan LINE Indonesia.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan, isi tulisan sepenuhnya menjadi tanggung jawab redaksi. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2018 © PT Dynamo Media Network
Version: web: