Pencarian populer

Daftar Kecepatan Internet 4G LTE Operator Seluler di Indonesia

Ilustrasi Internet. Foto: Rawpixel/Pixabay
Perusahaan analis jaringan telekomunikasi OpenSignal baru saja mengeluarkan laporan terbaru terkait kemampuan jaringan yang dimiliki lima operator seluler di Indonesia. Operator yang diuji dalam riset adalah Telkomsel, XL Axiata, Smartfren, Indosat Ooredoo, dan Hutchison 3 Indonesia (Tri).
ADVERTISEMENT
Dalam penelitian OpenSignal ini, terungkap operator seluler mana saja yang memiliki jangkauan jaringan 4G LTE paling luas dan akses internet tercepat. Riset dilakukan dengan menganalisis 5.142.122.245 poin data yang dikumpulkan dari 937.410 perangkat selama periode 1 Agustus 2018 hingga 29 Oktober 2018.
Hasil riset menunjukkan, Telkomsel menjadi pemenang dalam kategori kecepatan akses internet 4G dengan nilai unduh rata-ratanya 14,4 Mbps dan nilai unggahnya 6,7 Mbps. Di bawah Telkomsel ada XL Axiata dengan kecepatan download 8,14 Mbps dan Tri dengan angka 4,26 Mbps untuk akses upload 4G.
Telkomsel Smart Office di Jakarta. Foto: Jofie Yordan/kumparan
Berikut detail nilai masing-masing kecepatan internet 4G pada lima operator seluler di Indonesia berdasarkan kinerja metrik versi OpenSignal.
Kecepatan Download di Jaringan 4G LTE
ADVERTISEMENT
- Telkomsel: 14,4 Mbps
- XL Axiata: 8,14 Mbps
- Smartfren: 6,3 Mbps
- Tri: 4,47 Mbps
- Indosat Ooredoo: 4,19 Mbps
Kecepatan Upload di Jaringan 4G LTE
- Telkomsel: 6,7 Mbps
- Tri: 4,26 Mbps
- XL Axiata: 4,01 Mbps
- Indosat Ooredoo: 2,66 Mbps
- Smartfren: 1,83 Mbps
Ilustrasi mencari sesuatu di internet. Foto: Pixabay
"Kecepatan 4G Telkomsel menunjukkan peningkatan besar dalam enam bulan terakhir. Kecepatan unduhan 4G rata-ratanya naik 1,5 Mbps menjadi 14,4 Mbps dalam analisis kami, yang - jika digabungkan dengan peningkatannya dalam ketersediaan 4G, menghasilkan kenaikan dalam nilai kecepatan unduhan keseluruhan Telkomsel,” kata OpenSignal dalam laporannya.
Perlu diingat jika kecepatan internet 4G yang dirasakan oleh pelanggan pasti sangat bervariasi. Hal ini bisa jadi disebabkan oleh beberapa kondisi seperti jumlah kepadatan pengguna di sebuah wilayah, jumlah jaringan yang disediakan, hingga perilaku yang dilakukan oleh pelanggan pada waktu tersebut.
ADVERTISEMENT
Analis juga mencatat pertumbuhan nilai ketersediaan 4G yang signifikan untuk kelima operator seluler ini. Dalam beberapa hal, pertumbuhannya disebut cukup mengesankan.
Indosat Ooredoo. Foto: Jofie Yordan/kumparan
Indosat Ooredoo, misalnya, ketersediaan 4G LTE mereka melonjak hampir 10 persen dalam pengukuran OpenSignal menjadi 80,3 persen dibanding pertengahan tahun lalu. Sementara Telkomsel naik 9 persen menjadi 77,5 persen dengan periode yang sama.
Empat dari lima operator di Indonesia mampu menyediakan koneksi 4G LTE kepada para penggunanya lebih dari 80 persen. Di antara semuanya, Smartfren disebut mampu menawarkan kinerja ketersediaan 4G LTE yang lebih baik.
"Terlepas dari peningkatan pesat para pesaingnya, operator yang hanya menyediakan LTE, Smartfren, mampu meraih penghargaan ketersediaan 4G kami dengan nilai 94,3 persen," tambah OpenSignal.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86