kumparan
6 Okt 2018 19:06 WIB

Data Center IDC Terganggu, Sejumlah Website Besar di Indonesia Tumbang

Ilustrasi rak server. (Foto: Heladodementa via Pixabay)
Sejumlah situs web besar dan portal berita di Indonesia tidak bisa diakses pada Sabtu sore (6/10). Hal ini terjadi dikarenakan gangguan pada data center Internet Data Center (IDC) Indonesia.
ADVERTISEMENT
Update:
Chairman IDC Indonesia, Johar Alam Rangkuti, mengatakan data center IDC sudah kembali pulih sejak pukul 18.00 WIB. Johar menyampaikan permintaan maaf atas ketidaknyamanan ini kepada para klien dan publik.
Ketika membuka situs idc.co.id, muncul keterangan bahwa saat ini situs tersebut sedang tidak bisa diakses. Ketika pusat datanya terganggu, maka situs yang memanfaatkan layanan IDC jadi terganggu.
Sejauh ini diketahui situs web yang tak bisa diakses adalah Detikcom, Merdeka(dot)com dan Okezone(dot)com. Situs-situs tersebut juga menampilkan informasi yang mengatakan bahwa layanan sedang dalam perawatan teknis.
Tim kumparan telah menghubungi manajemen IDC Indonesia, namun sejauh ini belum ada respons.
Sebelumnya, gangguan serupa juga pernah terjadi pada IDC pada Agustus 2012. Penyebabnya adalah salah satu UPS yang terbakar dan memunculkan api. Api kala itu sudah berhasil dipadamkan, tetapi pemadam kebakaran kemudian menyemprotkan air utk memastikan api padam dan hal ini menyebabkan air tergenang di lantai.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan