kumparan
23 Sep 2019 7:05 WIB

Dear Pengguna iPhone yang Main PUBG, Jangan Update iOS 13

Trio iPhone 11 Pro Max, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11. Foto: Jason Lee/Reuters
Apple telah meluncurkan sistem operasi terbaru untuk perangkat iPhone dan iPad, yakni iOS 13. Namun, bagi kamu para pemain PUBG Mobile dan Fortnite, sepertinya tidak disarankan untuk melakukan update demi keberlangsungan main game.
ADVERTISEMENT
Karena, dalam pembaruan iOS 13, tercakup peningkatan opsi gestur jari di layar yang justru jadi bug bagi para gamer PUBG Mobile dan Fortnite. Hal itu diungkap oleh para gamer yang mengeluhkan gangguan saat bermain setelah melakukan update.
iOS 13 memberi gestur baru untuk memudahkan pengeditan teks. Jika pengguna menggeser tiga jari ke kiri pada layar, itu bisa digunakan untuk undo teks. Lalu geser tiga jari ke kanan untuk redo teks. Undo teks juga bisa dilakukan dengan mengetuk layar dua kali dengan tiga jari. Ini berlaku untuk aplikasi Messages, Notes, Microsoft Word, Safari, sampai Twitter.
Nah, gestur baru ini justru jadi masalah ketika pengguna bermain game yang harus melakukan sentuhan layar secara bersamaan, demi mengontrol karakter dalam game.
ADVERTISEMENT
Banyak gamer yang menggunakan dua jari ketika bermain PUBG Mobile atau Fortnite. Tapi, ada pula gamer yang sengaja atau tidak, justru menempatkan jari ketiganya pada layar, dan hal ini jadi masalah ketika pengguna sudah update ke iOS 13.
Jika mereka harus melakukan gerakan yang melibatkan sentuhan tiga jari di layar, secara otomatis iPhone atau iPad akan membuka bilah pengeditan teks bawaan iOS 13. Itu membuat para gamer murka. Bukannya melanjutkan permainan, iOS 13 justru malah menyuguhkan fitur edit teks.
Epic Game selaku pengembang game Fortnite, menyadari masalah tersebut dan menyarankan komunitas gamer di Reddit untuk tidak melakukan update iOS 13. Hal serupa juga dilakukan Tencent untuk para pemain PUBG Mobile lewat pemberitahuan di aplikasi game.
ADVERTISEMENT
"Kami mengetahui masalah bagi pemain yang melakukan pembaruan iOS 13, di mana menyentuh layar akan memicu fungsi iOS dan mengganggu permainan. Kami telah menyampaikan masalah ini kepada Apple dan kami akan terus bekerja sama dengan Apple untuk menyelesaikan masalah ini. Kami menyarankan pemain tidak melakukan pembaruan iOS 13 sampai masalah teratasi. Terima kasih atas pengertian Anda," tulis Tencent.
Sangat disayangkan Apple membuat fitur jalan pintas pengeditan teks ini hanya mempertimbangkan untuk membuka aplikasi teks, seperti Notes, dokumen teks, atau aplikasi chatting. Padahal, fitur tersebut malah mengganggu aktivitas pengguna ketika tidak dibutuhkan.
Apple sendiri belum mengakui bug fitur tersebut yang bikin para gamer menderita. Jadi, bagi kamu para gamer pengguna iPhone, ada baiknya untuk tidak update iOS 13 dulu, ya!
ADVERTISEMENT
Video
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan