• 3

DoktorSiaga Jadi Pemenang Facebook Ideathon Build Day 2018

DoktorSiaga Jadi Pemenang Facebook Ideathon Build Day 2018


Facebook Ideathon Build Day 2018

Facebook Ideathon Build Day 2018 (Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan)
Kelompok pengembang aplikasi DoktorSiaga berhasil meraih penghargaan sebagai tim dengan ide terbaik di acara Ideathon Build Day 2018, yang digelar pada Minggu (8/7) di kantor kumparan, Jati Padang, Pasar Minggu, Jakarta.
Ideathon Build Day 2018 sendiri diselenggarakan oleh komunitas resmi Facebook Developer Circle cabang Jakarta. Semua peserta yang 'lulus' dari acara ini akan dibawa mengikuti Facebook Community Challenge 2018 untuk berkompetisi mewakili wilayah Asia Pasifik.
DoktorSiaga merupakan sebuah chatbot buah tangan tim beranggotakan tiga orang: Fatah Iskandar Akbar, Fadelli Yahya Polosoro, dan Erwin RA.

Ideathon 2018, Doktorsiaga

Tim Doktorsiaga, pemenang Ideathon 2018 (Foto: Sayid Mulki/kumparan)
Chatbot ini nantinya dapat diakses melalui aplikasi Facebook Messenger dan bisa memberikan informasi mengenai berbagai fasilitas kesehatan, seperti rumah sakit, klinik, puskesmas, serta apotek terdekat.
"Yang menginspirasi kami adalah awalnya dari permasalahan yang ada di masyarakat, di mana orang susah mencari informasi mengenai rumah sakit," ujar Fadelli.
Ia juga menambahkan bahwa ada satu kejadian yang mendorong mereka untuk mengembangkan Doktorsiaga, yakni kasus meninggalnya bayi Debora di IGD RS Mitra Keluarga yang terjadi pada September 2017 lalu.
Kala itu, perawatan bayi Debora di rumah sakit sempat terkendala akibat uang muka yang tak bisa dilunasi oleh pihak keluarga. Karena telat menerima perawatan intensif, nyawa Debora gagal diselamatkan.
"Salah satu kejadian itu adalah kasus Debora (yang terjadi) tahun lalu. Kami berharap bisa membantu mengurangi kejadian yang sama bisa terulang," jelasnya lagi.

Facebook Ideathon Build Day 2018

Penyerahan Plakat pemenang Facebook Ideathon Build Day 2018 (Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan)
Tim pengembang yakin chatbot ini bisa membantu para pelancong untuk mengetahui lokasi fasilitas kesehatan terdekat dari tempat mereka berada.
Fadelli berkata Doktorsiaga akan bekerja sama dengan berbagai pihak untuk memudahkan pengguna mendapatkan layanan medis dari daftar fasilitas kesehatan yang mereka berikan.

Tim favorit Ideathon Build Day 2018
Selain DoktorSiaga, ada juga tim Taninesia yang menjadi tim terfavorit Ideathon Build Day 2018 berdasarkan jumlah like yang mereka dapatkan di Facebook.
Tim Taninesia sendiri, yang beranggotakan enam orang, memiliki fokus pada para petani Indonesia. Mirip dengan DoktorSiaga, Taninesia juga merupakan chatbot.

Suasana acara Facebook Ideathon Build Day 2018

Tim Taninesia. (Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan)
Robot percakapan Taninesia memiliki kemampuan untuk memberikan rekomendasi pupuk dan juga teknik budidaya pertanian. Developer berencana untuk mengembangkan Marketplace bagi para petani tersebut.
"Setelah kami melakukan survei ke lapangan, kami menemukan kalau kebanyakan petani mengandalkan pihak ketiga atau tengkulak untuk menjual," ujar Azzahra Khairunnisa, salah satu anggota tim Taninesia.
"Kami berharap dengan mengembangkan Marketplace dan juga chatbot bisa meningkatkan kesejahteraan petani," tambahnya.

Semua tim akan ikut Facebook Community Challenge 2018
Ada tujuh tim yang tampil di hadapan para juri di Ideathon Build Day 2018. Meski keluar dua tim sebagai pemenang dengan ide terbaik dan terfavorit, namun semua peserta yang ada di sini akan membawa produk aplikasi ciptaannya untuk bersaing di Facebook Community Challenge 2018.
"Semuanya akan tetap mengirimkan produk mereka. Jadi sekarang ini mereka seperti mendapatkan bantuan masukan dari para juri," kata Luri Darmawan, CTO Vizitrip sekaligus juri Ideathon Build Day 2018.

TeknologiFacebookAplikasi MobileKesehatan

presentation
500

Baca Lainnya