kumparan
20 Feb 2019 21:07 WIB

Donald Trump Pasang Simulator Main Golf Virtual di Gedung Putih

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump saat pidato kongres kenegaraan di Capitol Hill, Washington, Amerika Serikat. Foto: REUTERS/Jim Young
Sebagai Presiden Amerika Serikat, Donald Trump tampaknya betul-betul memanfaatkan Gedung Putih agar menjadi tempat yang senyaman mungkin baginya. Salah satu langkah terbaru yang ia lakukan adalah menghadirkan fasilitas bermain golf di Gedung Putih.
ADVERTISEMENT
Tapi, fasilitas main golf itu bukan benar-benar area lapangan golf yang besar, melainkan secara virtual. Trump baru saja memasang simulator golf seharga 50 ribu dolar AS (atau sekitar Rp 700 jutaan) di dalam ruangan pribadinya di Gedung Putih. Menurut laporan The Washington Post, Trump membayar fasilitas golf virtual tersebut dengan uang pribadinya.
Ini bukan teknologi canggih pertama yang hadir di dalam Gedung Putih. Ruangan bermain golf virtual ini menjadi pengganti simulator lawas yang juga ada ketika Barrack Obama masih menjabat sebagai presiden.
Presiden Amerika Serikat, Donald Trump bermain golf di Turnberry, Skotlandia. Foto: Reuters/Henry Nicholls
Pada 2018, United States Secret Service (USSS) juga telah berencana untuk menguji coba perangkat teknologi pengenalan wajah di area Gedung Putih. Secara keseluruhan, Gedung Putih juga selalu memperbarui pemasangan teknologi panel surya.
ADVERTISEMENT
Namun teknologi yang dibawa Donald Trump kali ini tujuannya ternyata untuk kepentingan yang cukup berbeda. Ini karena Trump tengah diawasi karena terlalu banyak waktu yang dia habiskan di luar untuk bermain golf selama masa kepresidenannya, yakni sebanyak 139 kali, menurut laporan The Washington Post.
Namun selama musim dingin, Trump tidak dapat keluar ruangan untuk bermain golf. Ia mengeluhkan 69 hari tanpa bermain golf sama sekali. Kemudian Gedung Putih mengabulkan permintaan Trump untuk memasang simulator golf di dalam ruangannya.
Video
Dalam beberapa masa kepresidenan, Gedung Putih memang memberikan keleluasaan bagi para presiden untuk menyalurkan hobinya. Sebelumnya, Presiden Dwight D. Eisenhower meminta area hijau yang ditumbuhi rumput-rumput pendek.
Ada juga President Richard M. Nixon yang meminta arena bermain bowling dan Presiden Obama yang meminta lapangan tenis untuk diubah menjadi lapangan basket dan simulator untuk main golf.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan laporan The Washington Post, Trump memiliki 16 simulator lapangan golf. Tiga di antaranya berada di Sterling, Virginia dan Turnberry Scotland, juga di Gedung Putih.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan