Pencarian populer

Eror Telkom 1 Bikin Ribuan ATM Offline, BI Jamin Sistem Perbankan Aman

Ilustrasi mesin ATM (Foto: Aditia Noviansyah/kumparan)

Bank Indonesia (BI) mengatakan permasalahan jaringan offline yang dialami pada sejumlah anjungan tunai mandiri (ATM) sejak Jumat (25/8) lalu disebabkan adanya gangguan komunikasi pada satelit Telkom 1. Hingga Minggu sore (27/8), gangguan yang terjadi pada Telkom 1 belum bisa diatasi oleh Telkom. BUMN bidang telekomunikasi tersebut melakukan migrasi pelanggan Telkom 1 ke satelit Telkom 3s yang memiliki teknologi lebih baru, serta ke sejumlah satelit lain. Deputi Gubernur Senior BI, Mirza Adityaswara, mengaku pihaknya telah menerima laporan terkait hal tersebut dan memastikan sistem pembayaran perbankan akan tetap terjaga dengan aman. "Kami di Bank Indonesia memastikan sistem pembayaran akan tetap terjaga aman dan ATM (yang terganggu -red) kan juga bukan sebagian besar, tapi hanya sebagian saja ATM yang terganggu dari beberapa bank. Dan Telkom juga tentu melakukan effort yang maksimum untuk memindahkan jalurnya ke satelit yang baru," ujar Mirza di Hotel Tentrem, Yogyakarta, Minggu (27/8). Lebih lanjut dia menjamin kebutuhan uang tunai juga tetap tersedia karena yang terganggu hanyalah sebagian kecil ATM saja.

Untuk solusi jangka pendek, Mirza telah berkoordinasi dengan perbankan dan meminta agar ATM yang mengalami gangguan segera dipindahkan jalur komunikasinya. "Bank-bank juga sudah berkoordinasi dengan kami dan sebagai otoritas pembayaran, kami memastikan bahwa bank-bank melakukan operasinya harus tetap lancar. Bahwa ATM yang mengalami gangguan harus segera dipindahkan jalurnya," ucap Mirza. Untuk informasi lebih lanjut, masyarakat dapat menghubungi contact center masing-masing bank atau Bank Indonesia Contact Center (BICARA) 131.

Telkom Indonesia (Foto: telkom.co.id)

Satelit Telkom 1, yang telah berusia 18 tahun, pada Jumat kemarin mengalami anomali yang mengakibatkan pergeseran pointing antena satelit sehingga semua layanan transponder terganggu. Isu berdampak pada terhambatnya operasional ribuan ATM. BCA mengaku ada 4.700 ATM yang terdampak, lalu 2.000 ATM Bank Mandiri, 1.500 ATM BNI, dan 300 ATM BRI. Selain itu, gangguan pada Telkom 1 juga sempat mengganggu siaran televisi Net TV dan ANTV. Khusus ANTV, dipindahkan basis siarannya ke Satelit Palapa D yang dioperasikan Indosat Ooredoo. Vice President Public Relations Telkom, Arif Prabowo, kepada kumparan (kumparan.com) mengatakan "masih mengupayakan" pemulihan satelit Telkom 1. "Saat ini kita juga fokus untuk migrasi layanan ke Satelit Telkom 3S, satelit lain, dan terestrial," ujarnya. Arif membantah rumor yang mengatakan bahwa Telkom 1 keluar orbit. Ia memastikan Telkom 1 masih berada di orbit dan masih bisa dikendalikan dari Stasiun Pengendali Utama di Cibinong, Jawa Barat.

Satelit dengan bobot 2.763 kilogram itu sejatinya diposisikan pada 108 derajat Bujur Timur untuk mencakup layanan ke seluruh wilayah Indonesia, Asia Tenggara, dan Australia bagian utara.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23