kumparan
18 Sep 2019 11:00 WIB

Facebook dan Ray-Ban Disebut Bikin Kacamata Pintar Mirip Google Glass

Ilustrasi Facebook. Foto: Stephen Lam/Reuters
Facebook telah lama dikabarkan sedang mengembangkan lensa augmented reality (AR) dalam beberapa tahun belakangan. Ternyata, lensa tersebut berbeda dari yang banyak dikerjakan oleh perusahaan teknologi lain.
ADVERTISEMENT
Biasanya, lensa ini akan ditempatkan dalam sebuah perangkat yang nantinya terhubung ke smartphone agar pengguna bisa melihat dunia virtual 3D berdasarkan lingkungan sekitar. Sementara Facebook justru ingin menempatkan lensa tersebut dalam sebuah kacamata sungguhan.
Untuk melancarkan misinya itu, Facebook dilaporkan mengajak kerja sama dengan Lexottica, perusahaan yang membuat kacamata brand Ray-Ban.
Ilustrasi kacamata Ray Ban. Foto: Dok. Ray Ban
Bersama Ray-Ban, Facebook akan mengimplementasi teknologi mereka yang diberi kode nama ‘Stella’ itu. Nantinya, Stella bakal memiliki kemampuan menjawab panggilan tanpa perlu terhubung dengan smartphone.
Stella akan menampilkan informasi tersebut dalam layar kecil, yakni di lensa. Jadi, bisa dibilang cara kerjanya mirip Google Glass. Kabarnya kacamata pintar ini juga bakal memiliki kamera yang mengizinkan pengguna untuk merekam siaran langsung perjalanan mereka dengan para pengikut dan teman.
Kacamata pintar Google Glass. (Foto: Google)
Langkah Facebook mengembangkan perangkat ini bersamaan dengan upaya Snapchat mengembangkan kacamata pintarnya Snap Spectacles. Serupa dengan konsep yang diusung Facebook, Spectacles juga punya kamera yang mengizinkan pengguna untuk merekam momen kesehariannya dan membagikannya ke media sosial.
ADVERTISEMENT
Menurut laporan CNBC, kacamata pintar ini akan meluncur dalam beberapa tahun ke depan, bisa jadi pada 2023 atau 2025. Dengan bantuan Ray-Ban, semoga saja desain kacamata pintar Facebook ini bisa jauh lebih keren dibanding Google Glass.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan