Pencarian populer

Facebook Ideathon Build Day Kumpulkan Developer Lokal di kumparan

Facebook Ideathon Build Day 2018. (Foto: Muhammad Fikrie/kumparan)

Facebook punya tantangan untuk para pengembang aplikasi di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Melalui komunitas resminya Facebook Developer Circle, mereka mencoba menantang developer untuk menciptakan aplikasi yang berfaedah.

Nama tantangannya adalah Facebook Community Challenge 2018, yang bakal mempertandingkan aplikasi terbaik buatan developer dari tujuh regional: Amerika Utara, Amerika Selatan, Asia Pasifik, India, Sub Sahara Afrika, Timur Tengah atau Afrika Utara, dan Eropa.

Untuk bisa mewakili wilayahnya masing-masing, pengembang harus melalui serangkaian 'babak kualifikasi'. Di Indonesia, tepatnya di Jakarta, ada Ideathon Build Day 2018 sebagai salah satu acaranya, yang diselenggarakan pada Minggu (8/7) di kantor kumparan, Jati Padang, Pasar Minggu, Jakarta.

Di kantor kumparan, ada sekitar 40 peserta yang ikut dalam Ideathon Build Day. Mereka akan diminta menjelaskan ide produk aplikasinya yang memberi solusi di hadapan para juri. Juri yang terlibat kali ini antara lain Luri Darmawan (CTO Vizitrip), Johannes Parlindungan (Principal Software Development Engineer GDP Labs), Angky William (CTO Stoqo), Ananto Wibisono (Co-Founder Sepulsa), dan Ferdian Robianto (VP Engineering kumparan).

Facebook Ideathon Build Day 2018. (Foto: Muhammad Fikrie/kumparan)

Ideathon Build Day 2018

Anne Regina, Ketua Facebook Developer Circle Jakarta, berkata dari acara ini diharapkan bisa menghadirkan developer lokal bertalenta untuk bisa mengikuti Facebook Community Challenge 2018.

"Kami (Facebook Developer Circle Jakarta) memang diminta oleh Facebook untuk mengarahkan para developer untuk mengikuti acara Facebook Community Challenge," kata Anne. "Tujuannya agar bisa memenangkan Facebook Community Challenge 2018."

Acara Ideathon Build Day 2018 ini mengumpulkan pengembang lokal di Indonesia untuk menyumbang ide serta saling bekerja sama dalam membuat produk aplikasi, yang bisa memberikan dampak bagi banyak orang dan dapat digunakan di Facebook.

Diskusi kelompok Ideathon 2018. (Foto: Sayid Mulki/kumparan)

Para developer, yang dimentori oleh beberapa ahli teknologi di Indonesia, nantinya akan membuat suatu produk dan memberikan presentasi atas produk tersebut di hadapan para juri.

"Ini berbeda dengan hackathon pada umumnya, ini lebih kepada ide. Jadi mereka yang memiliki ide berkumpul di sini, dan bisa mendapat tim untuk kemudian membuat suatu produk yang bisa ikut ke acara Facebook Community Challenge 2018," ujar Luri Darmawan, CTO Vizitrip yang juga ambil bagian sebagai juri di acara Ideathon Build Day 2018.

"Salah satu tujuan utamanya adalah produk pemenang akan dikirimkan mengikuti acara Facebook Community Challenge 2018, yang hadiahnya sekitar 30 ribu dolar AS," tambah Luri.

Luri Darmawan, CTO Viztrip. (Foto: Sayid Mulki/kumparan)

Hadiah Facebook Community Challenge 2018

Setelah wakil dari tujuh regional sudah ditemukan, pemenang setiap daerah akan mengikuti babak final untuk memperebutkan juara pertama yang berhadiah 30 ribu dolar AS atau sekitar Rp 428 juta. Untuk pemenang kedua bakal menerima 20 ribu dolar AS atau Rp 284 juta, lalu pemenang ketiga akan mendapatkan 10 ribu dolar AS atau sekitar Rp 142 juta.

Sementara ada hadiah tambahan sebesar 10 ribu dolar AS untuk produk aplikasi dengan solusi terbaik dalam meningkatkan pengalaman pengguna.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: