kumparan
14 Mar 2019 10:15 WIB

Gangguan di WhatsApp: Susah Kirim Foto, tapi Masih Bisa Chatting

Ilustrasi Whatsapp Foto: REUTERS/Dado Ruvic
Ini sungguh hari yang buruk bagi Facebook. Seluruh aplikasi media sosial dan pesan instan yang berada di bawah nauangannya, tumbang bersamaan. Facebook, Instagram, dan WhatsApp, semuanya gangguan, dan sampai sekarang. Hufffttt...
ADVERTISEMENT
Yang paling bikin geram adalah gangguan di WhatsApp, sebuah aplikasi kirim pesan yang sangat kita andalkan. Sampai berita ini ditayangkan, WhatsApp masih sulit dipakai untuk berkirim pesan gambar atau foto. Untuk upload konten di Status juga enggak bisa.
Sejumlah pengguna frustasi gara-gara enggak bisa kirim gambar di WhatsApp. Mungkin karena gambar itu memang sangat penting, untuk menunjang produktivitas kerja, misalnya.
Tapi, gangguan yang dialami WhatsApp ini tidak berpengaruh ke fasilitas kirim pesan berbasis teks. Kita masih bisa chatting teks dengan lancar.
Facebook dan Instagram. Foto: REUTERS/Yves Herman
Indonesia adalah salah satu negara yang terdampak gangguan Facebook, Instagram, dan WhatsApp. Menurut situs web DownDetector yang mendeteksi gangguan layanan berbasis internet, gangguan pada ketiga aplikasi milik Facebook itu juga terjadi di Amerika Serikat, Kanada, Inggris, India, Peru, Turki, dan Filipina.
ADVERTISEMENT
Facebook belum memberi keterangan detail soal penyebab gangguan yang telah terjadi selama berjam-jam ini. Perusahaan hanya memberi sedikit keterangan dan minta maaf melalui akun Twitter resmi. "Kami menyadari beberapa orang saat ini kesulitan mengakses keluarga aplikasi Facebook. Kami sedang berupaya mengatasi masalah ini secepatnya."
Facebook menegaskan masalah ini bukan disebabkan oleh serangan DDoS (distributed denial-of-service) dari hacker. Serangan DDoS adalah gangguan siber yang terjadi di mana para peretas mencoba untuk merusak sebuah situs dengan cara membanjirinya lewat banyak trafik virtual sehingga membuat server jadi 'macet'.
Gangguan ini terjadi di tengah rencana besar Mark Zuckerberg untuk menggabungkan sistem pesan pada layanan Facebook Messenger, Instagram, dan WhatsApp. Zuckerberg ingin ketiganya saling terhubung dan bisa berikirim pesan lintas platform. Pengguna Instagram bisa berkirim pesan ke platform WhatsApp, dan begitupun sebaliknya, untuk memudahkan pengguna agar tak berpindah platform. Langkah ini diyakini sebagai masa depan Facebook dan mungkin terealisasi pada 2020.
ADVERTISEMENT
Pendiri sekaligus CEO Facebook, Mark Zuckerberg, bahkan sudah menjelaskan fitur gabungan sistem tersebut pada akhirnya akan mencakup kompatibilitas dengan SMS. Katanya, fitur tersebut memungkinkan seseorang untuk mengirim SMS menggunakan Facebook Messenger, WhatsApp atau Instagram.
Apakah gangguan yang dialami Facebook, Instagram, dan WhatsApp, hari ini terkait dengan rencana besar integrasi ketiganya? Hanya Facebook yang tahu apa yang terjadi sebenarnya dengan sistem back-end mereka.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan