kumparan
24 Apr 2019 13:36 WIB

Google Duo Rilis 4 Fitur Baru: Group Video Call hingga Pesan Video

Aplikasi Google Duo. Foto: Astrid Rahadiani/kumparan
Google melakukan sejumlah pembaruan pada aplikasi Google Duo. Ada empat fitur baru yang dihadirkan di aplikasi video chat tersebut untuk meningkatkan kenyamanan dalam berkomunikasi.
ADVERTISEMENT
Empat fitur anyar yang dimaksud adalah grup video call, mode hemat kuota, Duo for Web dan pesan video.
Dengan adanya fitur baru ini, Google berharap adanya peningkatan interaksi panggilan video pada bulan suci Ramadhan untuk bersilaturahmi. Berdasarkan data Google, banyak orang melakukan pencarian ucapan Ramadhan atau Idul Fitri, serta video ucapan yang menyentuh.
Lalu, bagaimana cara menggunakan keempat fungsi baru di aplikasi Google Duo? Berikut tahapannya.
Group Video Call
Google Duo sebelumnya hanya mengizinkan pengguna untuk melakukan obrolan video untuk dua orang saja. Sekarang, hal itu bisa dilakukan lebih dari dua orang.
Fitur Group Video Call di aplikasi Google Duo. Foto: Google
Google Duo kini memungkinkan pengguna untuk melakukan obrolan grup dengan empat orang. Dalam waktu dekat, jumlah anggota grup bisa ditambah hingga delapan orang.
ADVERTISEMENT
Untuk menggunakannya, pada Beranda aplikasi geser ke atas dan tekan tombol Buat Grup. Pilih tiga orang yang diundang untuk video call dan ganti nama grup sesuai dengan yang kamu suka dan tadaaa.. video call sudah bisa dimulai.
Data Saving Mode
Data Saving Mode atau fitur hemat kuota memungkinkan pengguna Google Duo untuk bisa tetap terhubung meski pengguna berada di daerah dengan koneksi internet yang lambat, atau mereka ingin menghemat kuota. Penghematan ini bisa mencapai 40 persen dibanding ketika fitur tidak dinyalakan.
Tentu saja ini akan mempengaruhi kualitas dari video chatting. Meski begitu, pengurangan tersebut tidak signifikan, hanya tampak sedikit grain pada hasil gambar video. Percakapannya sendiri juga tidak putus-putus atau delay.
Fitur Data Saving Mode di aplikasi Google Duo. Foto: Google
Untuk mengaktifkan mode hemat kuota, kamu bisa menekan tombol berupa ikon tiga titik vertikal di kanan atas, kemudian pilih mode hemat kuota. Aktifkan dengan menyentuh tombol mode hemat kuota di bagian bawah sebelah kanan.
ADVERTISEMENT
Duo for Web
Tak hanya memberikan pembaruan pada aplikasi, Google Duo juga membuka layanan video chatting untuk web browser, seperti Safari, Chrome dan Firefox. Caranya cukup mudah, yakni dengan mengakses situs web duo.google.com.
Fitur Duo for Web memungkinkan pengguna membuka aplikasi Google Duo di browser web. Foto: Google
Pesan Video
Terakhir, ada pesan video yang bisa digunakan untuk meninggalkan pesan jika orang yang dihubungi tidak menjawab panggilan. Fitur ini mirip video chat di Snapchat di mana pengguna bisa merekam video dan menambahkan pesan tulisan atau gambar untuk bikin jadi lebih personal.
Peningkatan fitur-fitur pada Google Duo ini juga didasari oleh temuan Google studi panel 2018 yang mengungkap tentang kebiasaan video call. Ada 75 persen dari netizen berusia 18 tahun ke atas menggunakan video call untuk berinteraksi dengan keluarga, kerabat, dan orang-orang tersayang.
ADVERTISEMENT
Pembaruan Group Video Call sendiri pertama kali dibawakan di Google Duo Indonesia. Hal itu didasari fakta bahwa Indonesia berada di peringkat ketiga dari pengguna Google Duo secara global, setelah AS dan India.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan