kumparan
21 Mar 2019 8:38 WIB

Hari Ini, Xiaomi Redmi Note 7 dan Vivo V15 Pro Dirilis di Indonesia

Smartphone Redmi Note 7. Foto: Jofie Yordan/kumparan
Dua smartphone baru siap menyambangi Indonesia pada Kamis (21/3) ini. Dua produsen smartphone asal China, Xiaomi dan Vivo, akan memperkenalkan produk barunya masing-masing pada hari yang sama.
ADVERTISEMENT
Xiaomi telah memastikan bakal meluncurkan Redmi Note 7, sementara Vivo akan memperkenalkan V15 Pro. Redmi Note 7 merupakan smartphone kedua Xiaomi dari sub-brand Redmi yang masuk Indonesia. Untuk Vivo V15 Pro, smartphone ini merupakan versi lain dari V15 standar dengan spesifikasi sedikit lebih baik.
Xiaomi belum mengungkap secara detail mengenai penjualan dari Redmi Note 7, berapa harganya dan bakal dijual mulai kapan serta bisa dibeli dimana saja. Semuanya baru akan terungkap dalam acara peluncuran yang diselenggarakan sore ini.
Di sisi lain, Vivo sendiri telah mengungkap harga dari V15 Pro. Smartphone ini dibanderol Rp 5,7 juta dan keran pre-order sudah dibuka sejak tanggal 18 sampai 21 Maret di JD.id. Namun, Vivo belum menerangkan kapan V15 Pro akan tersedia secara luas di pasaran.
ADVERTISEMENT
Xiaomi Redmi Note 7
Smartphone Redmi Note 7. Foto: Jofie Yordan/kumparan
Xiaomi menyematkan kamera belakang ganda pada Redmi Note 7, salah satu kameranya itu memiliki resolusi sebesar 48 MP dan satu lagi 5 MP. Dengan resolusi yang besar dan didukung teknologi 4-in-1 Super Pixel, kamera belakang Redmi Note 7 diklaim mampu menangkap detail gambar dengan sangat baik dan mampu bekerja maksimal dalam kondisi rendah cahaya.
Sementara untuk kamera selfie-nya yang beresolusi 13 MP sudah didukung fitur AI portrait, AI Beautify, dan AI scene detection.
Untuk sektor dapur pacunya, Redmi Note 7 dibekali chipset Qualcomm Snapdragon 660 dengan tiga pilihan RAM serta kapasitas penyimpanan data, yakni RAM 3 GB/32 GB, RAM 4 GB/64 GB, dan 4 GB/128 GB. Penyimpanan data ini bisa diperluas dengan kartu MicroSD hingga 256 GB.
ADVERTISEMENT
Layar Redmi Note 7 berukuran 6,3 inci FHD+ dengan aspek rasio 19,5:9 dan sudah dilapisi Corning Gorilla Glass 5. Sementara bodi belakangnya terbuat dari kaca dengan tiga varian warna, yaitu Neptune Blue, Nebula Red, dan Space Black.
Melanjutkan tradisi smartphone seri Redmi Note dengan daya baterai yang besar, Xiaomi menanamkan baterai berkapasitas 4.000 mAh pada Redmi Note 7. Pengisian daya baterainya sudah didukung dengan teknologi Quick Charge 4 dari Qualcomm.
Smartphone yang berjalan di sistem operasi Android 9 Pie dengan antarmuka MIUI 10 ini didukung fitur keamanan seperti AI Face Unlock dan sensor fingerprint di bodi belakangnya. Redmi Note 7 juga sudah didukung USB Type-C.
Vivo V15 Pro
Vivo V15 Foto: Jamal Ramadan/kumparan
ADVERTISEMENT
V15 Pro memiliki sejumlah perbedaan dengan V15 standar. Walau sama-sama mengusung tiga kamera belakang, V15 Pro menggunakan kamera dengan resolusi yang lebih besar dibandingkan V15 biasa, yakni 48 MP, 8 MP, dan 5 MP. Kamera belakang V15 Pro memiliki fitur AI Super Night Mode yang mendukung eksplorasi fotografi mobile pada malam hari.
Sementara itu untuk kamera depannya tidak ada perbedaan. V15 Pro juga menggunakan mekanisme kamera selfie pop-up dengan resolusi 32 MP. Kamera depan dari V15 Pro ini sudah didukung fitur-fitur seperti AI Face Beauty, AI Body Shaping, AI HDR, serta AI Portrait.
Hal ini membuat layar V15 Pro yang berukuran 6,39 inci tampak memenuhi bagian muka ponsel. Layar V15 Pro menggunakan panel Super AMOLED beresolusi 1080 x 2316 pixel dengan rasio screen-to-body mencapai 91 persen.
Vivo V15 Foto: Jamal Ramadan/kumparan
ADVERTISEMENT
V15 Pro dibenamkan chipset Qualcomm Snapdragon 675 sebagai otak smartphone dengan dukungan RAM 6 GB. Spesifikasi ini mengalami peningkatan dari V15 biasa yang ditenagai MediaTek Helio P70. Selain itu, kapasitas penyimpanan data V15 Pro juga lebih besar, yakni 128 GB.
Namun, V15 Pro memiliki kapasitas baterai yang lebih kecil dibandingkan V15 biasa. V15 Pro hanya dibenamkan baterai berdaya 3.700 mAh, lebih kecil dari V15 biasa yang baterainya berkapasitas 4.000 mAh.
Pengisian daya baterai pada V15 Pro dijamin cepat berkat adanya fitur Dual-Engine Fast Charging yang dibenamkan di dalamnya.
Ada satu fitur menarik lain dari V15 Pro. Vivo menempatkan sensor fingerprint di atas layarnya. Dengan begitu, pengguna cukup menyentuh layar untuk membuka kunci ponsel.
ADVERTISEMENT
V15 Pro berjalan di atas sistem operasi Android 9 Pie dengan antarmuka Funtouch 9 terbaru. Ada dua varian warna untuk V15 Pro di Indonesia, yakni Topaz Blue dan Coral Red.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan