• 4

Instagram Bikin Versi Aplikasi yang Lebih Ringan dan Hemat Data

Instagram Bikin Versi Aplikasi yang Lebih Ringan dan Hemat Data


Instagram

Aplikasi Instagram. (Foto: Reem Baeshen/Reuters)
Baru saja meraih pencapaian baru dengan jumlah pengguna sebesar 1 miliar pada pekan lalu, Instagram ingin terus memperluas jangkauannya. Aplikasi berbagi foto dan video itu secara diam-diam meluncurkan aplikasinya dalam versi ringan bernama Instagram Lite.
Tanpa adanya pengumuman, aplikasi Instagram Lite sudah mejeng di Google Play Store untuk penggunanya di sejumlah negara. Di Indonesia sendiri tampaknya aplikasi ini belum tersedia.
Menurut laporan TechCrunch, Instagram telah mengonfirmasi mengenai kehadiran versi Lite dari aplikasinya tapi baru tersedia di Meksiko pekan ini. Rencananya, Instagram Lite akan diperluas ke negara lain ke depannya.
Instagram Lite sebenarnya ditujukan untuk pengguna di negara berkembang yang biasanya lebih banyak memiliki kendala pada ruang penyimpanan di ponsel, kecepatan internet, dan keterbatasan paket data.
Untuk kapasitasnya sendiri, aplikasi ini memang jauh lebih ringan dibandingkan dengan versi biasanya. Instagram Lite hanya berukuran 573 KB, sementara kapasitas versi reguler pada Instagram untuk iOS berukuran 141 MB.
"Kami sedang menguji versi baru dari Instagram di Android yang lebih hemat memori, menggunakan data yang lebih kecil, dan lebih cepat. Perusahaan tidak bisa mengatakan apakah akan ada iklan. Nantinya dalam tahun ini, aplikasi ini akan diperluas ke beberapa negara, dan mendapatkan fitur pesan dan video," kata juru bicara Instagram, dilansir TechCrunch.

Instagram

Aplikasi jejaring sosial, Instagram. (Foto: Charles Platiau/Reuters)
Dengan kapasitas yang terbilang cukup kecil, pengguna bisa menghemat ruang kapasitas untuk file yang lebih penting atau bagi pengguna yang memiliki penyimpanan terbatas di ponselnya tetap bisa menikmati konten Instagram tanpa perlu menghapus aplikasi atau foto-foto untuk mengosongkan memori.
Meskipun berukuran lebih kecil dari aplikasi utama, dengan Instagram Lite pengguna tetap bisa menggunakan fitur-fitur utama aplikasinya seperti filter, mengungah foto atau Stories, menonton Stories, dan menelusuri laman Discovery.
Sayangnya, pengguna tidak dapat mengunggah video atau mengirimkan Direct Message.
Belum jelas apakah nantinya Instagram Lite akan memiliki segala fitur yang ada pada versi reguler seperti fitur Direct dan posting video. Instagram mengatakan bahwa nantinya versi ringan ini juga akan hadir di selain negara-negara berkembang seperti negara-negara di Eropa dan Amerika Serikat.
Hingga saat ini, Instagram telah memiliki pengguna hingga 1 miliar. Setiap empat bulan, pengguna aktif Instagram berkembang kira-kira sebesar 100 juta pengguna yang banyak berasal dari negara berkembang.


TeknologiMedia SosialAplikasi MobileInstagram

presentation
500

Baca Lainnya