Pencarian populer

Instagram Diam-diam Uji Fitur Koleksi Foto Publik Mirip Pinterest

Ilustrasi Instagram Foto: Pexels

Instagram saat ini sedang mencoba menambahkan satu fitur baru di aplikasinya. Fitur ini dilaporkan mirip dengan Saved, yang memungkinkan pengguna menyimpan posting-an pengguna lain di koleksi pribadinya, dan sudah dirilis Instagram beberapa tahun lalu.

Nah, Instagram ingin membuat koleksi tersebut bisa menjadi publik dan dapat dilihat oleh pengguna lain melalui fitur koleksi baru. Fungsi anyar ini bakal membuat Instagram semakin mirip dengan media sosial Pinterest.

Fitur koleksi publik yang sekarang masih dalam tahap uji coba ini pertama kali ditemukan oleh ahli aplikasi bernama Jane Manchung Wong. Hal ini terungkap dari kode yang tersimpan dalam aplikasi Instagram versi Android, menurut laporan Tech Crunch.

Wong menemukan ada perubahan pada opsi 'Make Collection Public' dalam pengaturan 'Collection' di fitur Saved. Opsi tersebut memungkinkan koleksi berubah sifat dari privat menjadi publik.

Bagi kamu yang belum mengenal Pinterest dengan baik, media sosial itu mengusung konsep sharing papan pin virtual yang memungkinkan pengguna mengoleksi apa pun yang ia sukai dari situs web mana pun, untuk dibagikan kepada orang lain. Koleksi tersebut berbasis gambar atau video.

Kumpulan gambar atau video yang berasal dari link website lainnya yang disebut "pin" ini akan masuk ke sebuah "board" dengan kategori tertentu. Pinterest menyediakan sistem bookmark yang dilengkapi dengan integrasi media sosial lainnya, seperti Twitter, Facebook, dan Instagram.

Ilustrasi media sosial. Foto: PhotoMIX-Company via Pixabay

Jika benar Instagram "mencotek" konsep Pinterest ini, pengguna akan dapat membuat koleksi mereka sendiri dan membagikannya secara publik di mana orang lain dapat berkontribusi, memberikan komentar, atau like.

Instagram sendiri telah membantah bahwa mereka sedang menguji fitur tersebut, seperti yang dilaporkan Tech Crunch. Ini biasanya adalah respons yang wajar bagi perusahaan ketika ditanya tentang fitur yang belum dipublikasikan.

Mungkin Instagram masih butuh waktu untuk bereksperimen dengan fitur tersebut, sebelum diluncurkan secara resmi ke semua pengguna.

Bukan kali ini saja Instagram pernah meniru fitur yang dimiliki kompetitornya. Sebelumnya, perusahaan yang diakusisi Facebook sejak April 2012 itu secara terang-terangan menjiblak fitur Story yang dimiliki Snapchat pada Agustus 2016.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.60