kumparan
21 Jun 2018 14:49 WIB

Instagram Kini Punya 1 Miliar Pengguna Aktif

Instagram. (Foto: Freestocks.org (Public Domain))
Rabu (20/6) menjadi hari yang spesial bagi platform media sosial Instagram. Selain meluncurkan platform video baru mereka IGTV, Instagram juga mengumumkan jika jumlah pengguna aktifnya per bulan kini telah mencapai angka 1 miliar.
ADVERTISEMENT
Hal ini menunjukkan Instagram terus mengalami pertumbuhan, setelah pada September lalu mengumumkan jumlah penggunanya ada sebanyak 800 juta. Menurut The Verge, Instagram secara konsisten terus mendapatkan tambahan 200 juta pengguna setiap tahunnya.
"Ini luar biasa, dan ini yang saya dan Mike (Krieger, pendiri Instagram) tak pernah pikirkan bakal terjadi," ujar pendiri Instagram dan CEO Kevin Systrom, dalam sebuah acara di kantor Instagram, dilansir The Verge.
Tapi untuk kali ini Instagram tidak menjelaskan dari mana pertumbuhan jumlah pengguna itu paling banyak berasal. Tahun lalu, peluncuran fitur Stories di aplikasinya menjadi pendorong utama meningkatnya jumlah pengguna Instagram.
Pendiri Instagram, Mike Krieger dan Kevin Systrom (Foto: Reuters)
Jika melihat satu tahun ke belakang, Instagram memang terus menghadirkan fitur-fitur baru ke dalam aplikasinya, mulai dari menambahkan GIF, emoji slider, dan polling di Stories.
ADVERTISEMENT
Dengan jumlah pengguna yang sangat besar, tentu menjadi modal yang baik bagi platform video baru mereka yaitu IGTV dalam menjaring penonton. Meski untuk saat ini belum ada iklan di IGTV, bukan tidak mungkin nantinya iklan akan hadir di platform tersebut dan juga menjadi wadah baru kreator video dalam mencari uang.
Ketika pengguna harian Snapchat tumbuh sebesar 2,13 persen pada kuartal satu 2018 dan Facebook sebesar 3,14 persen, Instagram lari kencang dengan pertumbuhan pengguna harian sebesar 5 persen per kuartalnya.
Melihat tren ini, tampaknya Instagram bakal menjadi tumpuan dari Facebook dalam mencari keuntungan bagi perusahaan. Facebook yang mulai ditinggalkan anak-anak muda dan diterpa masalah keamanan data membuat Instagram menjadi pilihan masyarakat saat ini
ADVERTISEMENT
Untungnya banyak pengguna yang tidak tahu kalau Instagram saat ini dimiliki oleh Facebook.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·