kumparan
13 Sep 2019 9:05 WIB

iPhone 11 Dirilis, Harga iPhone XR dan iPhone 8 Turun Drastis

iPhone 11. Foto: Apple
Bagi Apple Fanboy dengan budget pas-pasan, peluncuran perangkat iPhone baru menjadi tanda bahwa sudah saatnya ganti smartphone baru. Bukan, bukan beli produk iPhone 11 yang baru saja dirilis, tapi beli iPhone generasi sebelumnya.
ADVERTISEMENT
Seiring dengan kehadiran iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max, harga iPhone XR sekarang menjadi lebih murah. Hal serupa juga terjadi pada iPhone 8. Ya, bisa dibilang kedua generasi iPhone tersebut tetap tersedia sebagai smartphone alternatif yang lebih lebih terjangkau daripada iPhone terbaru.
Diketahui, kini iPhone XR bisa dibanderol dengan harga 600 dolar AS atau sekitar Rp 8,4 juta untuk varian 64 GB. Nah, kamu juga bisa melakukan tukar tambah dan mendapatkan potongan harga maksimum sebesar 200 dolar AS.
6 pilihan warna iPhone XR. Foto: Stephen Lam/Reuters
Jadi, kalau kamu punya iPhone 7 dengan kondisi yang masih sangat mulus, kamu bisa menjual smartphone itu dan mendapatkan iPhone XR baru dengan harga kira-kira Rp 2,8 juta lebih murah. Lumayan, kan?
ADVERTISEMENT
Sementara untuk iPhone 8 kini dibanderol dengan harga 450 dolar AS atau sekitar Rp 6,4 juta. Sementara untuk iPhone XR dan iPhone 8 varian 128 GB, beda harganya mencapai 50 dolar AS atau sekitar Rp 700 ribuan dari varian 64 GB.
Sebagai perbandingan, iPhone XR pertama kali diluncurkan pada tahun lalu dengan harga 750 dolar AS atau sekitar Rp 10,5 juta. Sementara iPhone 8 dijual oleh Apple pada 2017 seharga mulai 700 dolar AS atau sekitar Rp 9,8 juta dan sudah pernah dipangkas pada 2018, ketika iPhone XS lahir.
Peluncuran iPhone 8 dan iPhone 8 Plus Foto: REUTERS/Stephen Lam
Selain itu, perangkat jam tangan pintar Apple Watch Series 3 juga didiskon oleh Apple. Model GPS sekarang dilego mulai 200 dolar AS atau sekitar Rp 2,8 juta. Hal tersebut tidak berlaku pada Apple Watch Series 4 karena produk perangkat itu sudah dihentikan.
ADVERTISEMENT
Jadi, membeli iPhone generasi lama saat model terbarunya sudah meluncur bukanlah hal asing lagi bagi para Apple fanboy dengan budget yang minim. Karena mereka sadar betul harga produk kesayangannya itu sangat mahal, sehingga membutuhkan waktu lebih lama bagi mereka untuk mampu membeli iPhone idolanya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan