kumparan
4 Nov 2018 9:53 WIB

iPhone 5 Masuk Daftar Produk Kuno Apple

Apple iPhone 5. (Foto: Monoar via Pixabay)
Apple resmi memasukkan iPhone 5 ke dalam daftar produk kategori lawas (vintage) dan kuno (obsolete). Dimasukkannya iPhone 5 ke dalam daftar ini berdasarkan waktu produksi dan dukungan untuk perangkatnya di beberapa negara.
ADVERTISEMENT
Di halaman resmi Apple, iPhone 5 masuk di kategori produk lawas di Amerika Serikat, tetapi di negara lainnya termasuk Indonesia, smartphone yang rilis pada tahun 2012 itu sudah masuk kategori produk kuno Apple.
Kategori produk lawas adalah produk yang telah diproduksi selama lebih dari lima tahun tetapi kurang dari tujuh tahun. Apple telah menghentikan perbaikan layanan perangkat keras dan suku cadang.
Namun, dengan adanya kebijakan khusus untuk produk-produk lawas dengan pengecualian tertentu, di sejumlah negara terpilih masih bisa mendapatkan layanan perbaikan dan suku cadang.
Misalnya, iPhone 5 masuk kategori lawas di Amerika serikat, maka produk tersebut sudah tidak dilayani lagi perbaikan dan penyediaan suku cadangnya. Tetapi ada pengecualian di California, Amerika Serikat, yang masih menyediakan layanan perbaikan untuk iPhone 5.
iPod, iPhone 4, dan iPhone 3GS. (Foto: Bilderheld/Flickr)
Lalu, bagaimana dengan produk kateogori kuno? Produk yang masuk kategori ini adalah produk yang dihentikan produksinya lebih dari 7 tahun yang lalu.
ADVERTISEMENT
Apple telah menghentikan semua layanan perangkat keras untuk produk kuno tanpa pengecualian. Perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs ini tidak lagi menyediakan pemesanan komponen untuk produk yang sudah "kuno".
Semua toko penjualan resmi milik Apple yang beroperasi di Kanada, Eropa, Amerika Latin, dan Asia-Pasifik mengikuti daftar produk AS, tetapi tidak membedakan antara kedua kategori tersebut.
Saat semua produk Apple, termasuk iPhone 5 dinyatakan sebagai produk lawas di AS, maka telah dianggap kuno di wilayah lainnya, karena sudah tidak adanya layanan perbaikan.
Berikut ini daftar produk Apple yang dinyatakan kuno di seluruh dunia.
1. iPhone
2. iPhone 3G (China) 8 GB
3. iPhone 3G 8 GB, 16 GB
4. iPhone 3GS (China) 16 GB, 32 GB
ADVERTISEMENT
5. iPhone 3GS 16GB, 32 GB
6. iPhone 4 CDMA
7. iPhone 4 16GB, 32 GB
Steve Jobs dan iPhone (Foto: AP Photo)
Mengenang iPhone 5
Apple pertama kali memperkenalkan iPhone 5 pada tahun 2012. iPhone generasi kelima itu memiliki ukuran layar 4 inci yang lebih besar dari generasi sebelumnya.
iPhone 5 hadir dengan sejumlah teknologi anyar, di antaranya adalah port Lightning yang masih digunakan hingga sekarang. Selain itu, iPhone 5 juga merupakan smarpthone Apple pertama yang mendukung konektivitas 4G LTE dan yang terakhir menggunakan cip prosesor seri A 32-bit.
Sebelumnya, Apple telah menyetop dukungan iOS untuk iPhone 5 dan perangkat lainnya yang menggunakan prosesor 32-bit saat mengeluarkan iOS 11 pada tahun lalu.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan