Pencarian populer

Jelang Ramadhan, Indosat Uji Kesiapan Jaringan di 5 Kota Tujuan Mudik

Indosat Ooredoo. Foto: Aditya Panji/kumparan

Menjelang Ramadhan dan Lebaran 2019, operator telekomunikasi Indosat Ooredoo telah menyiapkan kapasitas jaringannya untuk dapat mengantisipasi kenaikan trafik telekomunikasi yang biasa terjadi momen bulan puasa.

Untuk memastikan kapasitas jaringannya aman, Indosat melakukan kegiatan uji jaringan yang tidak hanya dilakukan di pulau Jawa tapi juga di beberapa kota di luar Jawa.

Kamis (25/4), Indosat melakukan uji jaringan secara serentak di 5 kota tujuan mudik utama di Indonesia, yakni Solo, Malang, Padang, Banjarmasin, dan Makassar. Kelima kota ini dianggap memiliki potensi tinggi terjadinya kenaikan trafik telekomunikasi yang signifikan.

Hal apa saja yang dilakukan saat uji jaringan? Untuk melihat kekuatan sinyal jaringan 4G Plus dan kecepatan internet dari Indosat di titik-titik tersebut, dilakukan berbagai aktivitas seperti download, live streaming, YouTube, dan video call.

Indosat uji kesiapan jaringan untuk Ramadhan 2019 di Padang. Foto: Indosat Ooredoo

Dari hasil pengujian menunjukkan bahwa sepanjang rute drive test aktivitas streaming berjalan dengan baik dan tanpa buffering. Kecepatan maksimal download berkisar antara 62,7 Mbps hingga 104,7 Mbps, dengan rata-rata kecepatan download 85,33 Mbps.

Khusus di beberapa titik keramaian di 5 kota tujuan mudik tersebut diperoleh kecepatan download hingga 93 Mbps (Losari, Makassar), 76,5 Mbps (Kawasan Bandara Adi Sumarmo, Solo), 62,7 Mbps (Kawasan Alun-Alun Malang), 89,7 Mbps (Kawasan Gunung Padang), dan 104,7 Mbps (Kawasan Patung Bekantan, Banjarmasin).

Tidak hanya fokus pada akses internet atau data, uji jaringan Indosat juga melihat kualitas layanan panggilan suara yang biasa digunakan pelanggan sebagai sarana komunikasi ketika bulan Ramadhan dan lebaran. Hasilnya pun menunjukkan bahwa kualitas suara layanan Indosat Ooredoo berada pada tingkat terbaik di lima kota yang diuji.

Indosat tingkatkan kapasitas sejumlah layanan

Saat bulan Ramadhan dan Lebaran, Indosat juga meningkatkan kapasitas layanan yang dimilikinya, mulai dari data internet, SMS, dan suara. Kapasitas layanan data menjadi hal yang sangat penting, mengingat tren penggunaan media sosial yang tinggi saat ini.

Indosat meningkatkan kapasitas layanan data menjadi 18,4 TB per hari. Kapasitas ini disiapkan untuk memenuhi puncak kenaikan trafik data yang diprediksi akan meningkat sebesar 15-20 persen.

Indosat Ooredoo. Foto: Jofie Yordan/kumparan

Sementara untuk kapasitas layanan SMS disiapkan hingga 975 juta SMS/hari, serta kapasitas layanan suara 37 juta Erlang/hari. Kedua trafik suara dan SMS ini juga sudah diperhitungkan sesuai prediksi peningkatan trafik.

Selain itu, Indosat melakukan pantauan kondisi jaringan telekomunikasi selama Ramadhan dan Lebaran, melalui Indosat Ooredoo Network Operation Center (i-NOC) dan Indosat Service Operation Center (i-SOC) sebagai pusat monitoring seluruh jaringan dan layanan secara nasional.

Monitoring jaringan juga dilakukan melalui Command Center yang akan beroperasi beberapa hari sebelum dan sesudah masa mudik Lebaran. Bakal ada tim Customer Service dan tim Performance Monitoring yang dapat menyelesaikan gangguan atau kendala yang dialami pelanggan.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.31