Pencarian populer

Kisah Korban Kecelakaan yang Selamat Berkat Asisten Digital Siri

Fitur perintah suara Siri di perangkat Apple. (Foto: REUTERS/Stephen Lam)

Satu kali lagi, produk Apple telah menyelamatkan nyawa seseorang. Nyawa Nate Felix, pria yang mengalami kecelakaan mobil di Nevada, AS, tertolong dengan bantuan asisten digital buatan Apple, Siri.

Felix mengalami kecelakaan saat mengemudikan mobil Jeep-nya di Gurun Nevada pada 7 Desember lalu, sebagaimana dilaporkan KSNV-TV. Felix mencoba untuk keluar dari kendaraannya, namun ia tidak hanya merasa terlalu sakit untuk bergerak, tapi juga mengalami patah tulang belakang di dua bagian sehingga membuatnya 80 persen lumpuh.

Selain mengalami cedera serius, Felix juga terancam oleh cuaca dingin beku di Gurun Nevada selama malam hari di musim dingin itu.

Felix membiarkan anjingnya berbaring di sampingnya agar tetap hangat. Tetapi ia segera menyadari bahwa ini tidak akan membantunya sepanjang malam.

Video

Tidak ada orang di sekitar Felix yang melintas dan bisa memberi bantuan. Kemudian, ia mulai berpikir untuk menggunakan iPhone untuk melakukan komunikasi.

Saat itu, Felix tidak tahu di mana iPhone-nya. Maka dia kemudian memutuskan untuk mulai memanggil Siri untuk menelepon siapa saja yang bisa dia pikirkan, tetapi belum ada panggilan yang bisa terhubung. Akhirnya, dia berteriak kepada Siri untuk menelepon 911 dan terhubung.

"Aku tidak tahu di mana teleponku, jadi aku berteriak, 'Hei Siri, panggil ini-dan-panggil, panggil ini-dan-begitu', menyebut siapa pun yang bisa aku pikirkan." Itu tidak berhasil, tidak bisa, tidak bisa terhubung, tidak dapat terhubung," jelas Felix, dilansir KSNV.

"Jadi, aku berkata, 'Hei Siri, telepon 911', dan bunyinya, 'Sedang menghubungkan'," dia melanjutkan.

Akhirnya bala bantuan datang. Tim pemadam kebakaran Pahrump Valley Fire-Rescue Services tiba di lokasi kecelakaan Felix. Dengan menggunakan alat berat, mereka berhasil mengeluarkan Felix dari mobil Jeep-nya.

Video

Setelah berhasil keluar, Felix diterbangkan ke Rumah Sakit UMC Trauma, dan diperbolehkan pulang setelah empat hari. Saat ini, untuk sementara Felix membutuhkan kursi roda untuk membantu aktivitas sehari-harinya.

Seandainya Siri tidak dapat terhubung ke layanan darurat, Felix mungkin tidak akan ditemukan selama berhari-hari. Bahkan, dia mungkin tidak selamat pada malam pertama kecelakaan tersebut.

"Jika dia tetap berada di sana dalam cuaca dingin, dia bisa dengan mudah masuk ke hipotermia," kata Kapten James Perry, petugas pemadam kebakaran yang datang ke lokasi kecelakaan Felix, dikutip dari PhoneArena.

Kisah Felix yang selamat berkat asisten digital Siri ini semakin menunjukkan bahwa perkembangan teknologi telah banyak membantu kehidupan manusia, bahkan juga bisa menyelamatkan nyawa manusia.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.60